oleh

Tim Ekspedisi Poso Temukan Bukti Sejarah Geologi dan Ancaman Endemik Danau Poso

Palu, LNN – Tim ahli ekspedisi Poso dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia, menemukan bukti sejarah geologi dan ancaman endemik danau poso, Palu Sulawesi Tengah. Sejumlah temuan penting yang dihasilkan diantaranya diantaranya; rekahan sesar di sepanjang perjalanan dari Desa Kuku dan Panjoka, bahkan jenis batuan yang menunjukkan terangkatnya laut dalam ke permukaan hingga menjadi daratan.

“Ada beberapa temuan penting yang dihasilkan dalam perjalanan diantaranya, rekahan sesar di sepanjang perjalanan dari Desa Kuku dan Panjoka, jenis batu gamping yang menunjukkan terangkatnya laut ke permukaan hingga menjadi pegunungan serta bukti batuan metamorf yang dulunya terbentuk di Zona Subduksi,” ungkap Ketua tim Ekspedisi Poso, Lalian Golali, Jumad (05/07/2019).

Perjalanan tim Ekspedisi Poso tahap kedua dimulai sejak tanggal 24 Juni hingga 1 Juli 2019 lalu. Tim menyusuri wilayah Sesar Poso yang memanjang dari kota Poso ke beberapa desa sepanjang sungai Poso hingga ke sisi timur Danau Poso.

Mansyursyah, salah seorang tim ahli ekspedisi Poso dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia mengatakan, peristiwa ini terjadi jutaan tahun yang lalu, sekaligus menjadi bukti terangkatnya Pegunungan Pompangeo. Bersama tim ahli geologi lainnya, menemukan sebuah bukti terbentuknya Pulau Sulawesi di wilayah Kelurahan Petirodongi.

“Tidak diragukan lagi, wilayah Kabupaten Poso bisa menjadi laboratorium peristiwa sejarah geologi terbentuknya Pulau Sulawesi” ujar Reza Permadi, tim ahli ekspedisi Poso dari IAGI yang juga merupakan ketua Geosaintis Muda Indonesia,” ujar Mansyursyah Jumad (05/07/2019).

Wilayah Sesar Poso yang kali ini menjadi wilayah perjalanan tim Ekspedisi Poso mencatat, beberapa peristiwa gempa bumi dalam satu tahun terakhir. Salah satunya berkekuatan Magnitudo 3 di kedalaman 21 Km terjadi pada 5 April 2019 lalu yang bersumber di Teluk Poso, 29 kilometer arah timur laur Poso. Selanjutnya pada 22 Mei 2019 lalu kembali terjadi gempa dilokasi yang sama dengan kekuatan lebih besar, magnitudo 3,6.

Bonesompe di Kecamatan Poso Kota Utara, menjadi wilayah yang ditelusuri tim geologi setelah mendapatkan cerita dari budayawan yang menyebutkan nama kelurahan ini dalam bahasa Poso berarti pasir yang tersangkut atau tumpukan pasir. Rencananya para geolog akan melihat struktur tanahnya dan memperkirakan berapa usia hamparan pasir disana.

Demikian pula satu wilayah di Kelurahan Kawua yang di sebut warga sebagai tanah Kaumbu-umbu, atau tanah yang bergoyang-goyang. Wilayah lainnya adalah Tana Runtuh, sebuah lokasi di kelurahan Gebang Rejo kecamatan Poso Kota. Di ruas jalan pulau Irian Jaya, ada sebuah titik dimana setiap tahun terjadi penurunan tanah yang menyebabkan jalan disini turun cukup dalam. Selain kedua wilayah ini tim ekspedisi juga akan mempelajari beberapa tempat lain seperti kelurahan Lombugia, Tegal Rejo dan Madale, Watuawu, Ratoumbu, Pandiri, Tagolu, Panjoka Uelincu, Saojo, Tendea, Petirodongi, Tentena, Pamona, Sangele, Sawidago, Peura dan Dulumai.

Selain temuan penting peristiwa geologi itu, tim arkeologi juga menemukan sejumlah artefak di dalam gua yang menjadi tempat pemakaman leluhur orang Pamona, misalnya di gua Latea, Kelurahan Tentena, Buyu Kanta Desa Dulumai, gua Labu Desa Peura dan 3 gua di Sawidago serta di Desa Panjoka.

Sementara Evans Labiro, salah satu tim biologi, menemukan beberapa spesies ikan bercorak garis-garis yang dimasukkan dari luar yang mengancam keberadaan ikan-ikan endemik. Ikan ini oleh warga disebut ikan loreng. Selain ancaman ikan dari luar, kondisi air di sebelah timur danau juga masih tergolong bersih. Evans menjelaskan, kondisi air itu bisa dilihat dari masih ditemukannya jenis Anasa alias Didisa.

“Anasa atau Didisa ini menjadi ukuran apakah sungai atau wilayah yang airnya masih bersih. Sayangnya sepanjang perjalanan tim di wilayah Sesar Poso, kita hanya menemukannya di Desa Dulumai” kata Evans.

Ketua tim Ekspedisi Poso, Lian Gogali menjelaskan, tim ekspedisi Poso terdiri dari para geolog, arkeolog, palaentolog, biolog, teolog, antropolog, budayawan serta peminat kajian ekologi, fotografer dan pembuat film dokumenter.

Bukan hanya meneliti dan berusaha menemukan rekahan permukaan sesar, tim ekspedisi poso dibagi menjadi 4, yang pertama tim geologi yang mempelajari struktur batuan dan patahan atau sesar. Tim Arkeologi akan menyusuri situs-situs tua untuk mempelajari peninggalan budaya orang Poso yang ada di jalur ini. Lalu tim biologi mempelajari biota laut dan sungai. Ketiga tim ini melakukan riset di wilayah-wilayah yang disebutkan dalam cerita dan tradisi masyarakat setempat yang akan dipelajari oleh tim antropologi.

Bila ekspedisi tahap satu mengelilingi desa-desa di pinggir Danau Poso, dalam perjalanan tahap dua ini tim menyusuri pinggiran laut lalu sungai hingga ke danau untuk melihat bagaimana tradisi masyarakat pesisir pantai di Poso menghadapi potensi bencana baik di masa lalu maupun saat ini.

Ekspedisi Poso menjadi salah satu perjalanan penting karena akan mempelajari secara langsung potensi bencana di wilayah ini. Sejumlah ahli mengakui data-data sejarah bencana dan potensinya yang ada di wilayah Poso masih belum terdokumentasi. Bahkan diakui pula oleh BNPB bahwa belum ada pengukuran GPS terhadap beberapa sesar di Indonesia, termasuk 3 sesar yang melintasi Poso, yakni sesar Tokararu, Sesar Poso dan Sesar Poso Barat.

“Hasil perjalanan Ekspedisi Poso dirancang untuk disampaikan pada masyarakat juga Pemda untuk bisa merancang dan menyusun pembangunan yang peka pada kondisi alamnya” tegas Lalian.

Sebagai langkah awal, tim ekspedisi Poso melakukan seri diskusi bersama masyarakat setiap malamnya. Dalam diskusi ini para tim ahli bukan hanya menjelaskan temuan sementara kondisi alam di wilayah penelitian tapi juga melakukan tanya jawab tentang fenomena alam seperti gempa, likuifaksi, tsunami dan longsor.

Perjalanan kedua tim ekspedisi Poso kali ini mengikutsertakan tim ahli ketahanan bencana dari Institut Teknologi Bandung, yang memberikan workshop singkat kepada tim mengenai pemetaan ketahanan bencana pada masyarakat. Pemetaan ini diharapkan akan berguna bagi Pemda untuk membangun mitigasi bencana di Kabupaten Poso. (Fabrian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya