oleh

PINBAS MUI Sepakat Bersinergi Dengan Program Kemenkop Melalui Coop Coffee

Badung, Lintasnusanews.com – Pusat Inkubasi Bisnis (PINBAS) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, sepakat bersinergi dengan Kementrian Koperasi melalui Coop Coffee untuk mendorong program kedaulatan pangan komoditas ekspor. Kehadiran Direktur Pusat Inkubasi Bisnis (PINBAS) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dalam acara panen raya Jumat (09/08/2019) di Desa Plaga, Kecamatan Petang Kabupaten Badung, Bali, untuk melakukan verifikasi di lapangan.

“Kedatangan Bang Azrul ke saat panen Raya Kopi Plaga ini untuk melakukan verifikasi di lapangan bahwa adalah benar, kegiatan pemberdayaan kopi Kemenkop oleh kopnas berjalan nyata,” ungkap Ketua Koperasi Nasional, Reza Fabianus, Sabtu (10/08/2019) petang.

Panen Raya Kopi pada Jumat (09/08/2010) siang, untuk mempersiapkan ekspor kopi 5 kontainer di tahun 2019. Panen raya yang difasilitasi Program Coop Coffee, Kementrian Koperasi ini juga menghadirkan Direktur Pusat Inkubasi Bisnis (PINBAS) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Azrul Tanjung.

Baca Juga: Panen Raya Kopi Plaga, MUI Pusat Janji Terbitkan Sertifikat Halal

Azrul yang juga menjabat Ketua Komite Ekonomi MUI mengapresiasi kinerja Coop Coffee Program Kementrian Koperasi melalui Deputi Pembiayaan, karena berkat edukasi yang dilakukan kepada para petani maka Kopi Pelaga menembus pasar Internasional yakni Starbucks yang telah berkomitmen membeli hasil kopi petani Pelaga. Pihaknya juga berjanji akan memfasilitasi petani kopi Pelaga agar menjadi kopi global.

“Masuknya Starbucks sudah menunjukan bahwa Starcbuks tidak hanya berkomitmen kepada petani, tetapi mereka melihat bahwa kualitas kopi di sini bagus, prosesnya juga bagus sehingga pasar sangat terbuka. Jadi ini menjadi hal penting kearifan ekonomi lokal bagi masyarakat bali. Saya kira potensinya sangat-sangat bagus. Ini harus kita bisa terus menerus dan petani harus kita edukasi. Kenapa? Hasilnya bagus tapi prosesnya kurang bagus juga menghasilkan hasil yang kurang bagus. Kopinya kan bagus sekali ini, tapi kalau yang dipanen itu bukan kopi cherry atau kopi yang merah ya hasilnya kurang bagus,” ungkap Azrul.

Pendampingan Petani oleh Coop Coffee Dorong Kedaulatan Pangan

Azrul mengatakan, bersama Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Pembiayaan dan menggandeng para pengusaha, PINBAS MUI tengah mempersiapkan program ‘Kedaulatan Pangan’ yang salah satunya mengusung model program petani kopi yang sudah dijalankan oleh Coop Coffee.  MUI berharap, arus ekonomi baru yang diprogramkan oleh Pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Amin dalam program kerja Kabinet Indonesia Kerja (KIK) nantinya, dapat mendorong semua hasil pertanian ciri khas lokal dapat menjadi hasil hasil yang bersaing secara global.

“Kita berharap ke depan, membangun ekonomi Indonesia ini berdasarkan lokal. Jadi ciri-ciri khas daerah harus kita tonjolkan, nah ini yang perlu kita lakukan kedepan dan lebih dari itu, kopi-kopi khas ini menjadi kopi global, kopi internasional,’ ujar Azrul Tanjung.

Sementara itu, Deputi Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UKM, Yuana Setyowati mengatakan, program Koperasi Nasional (Kopnas), terkonsentrasi pada isu Ekonomi. Karena itu Deputi menghimbau masyarakat agar dalam mendukung dan menyukseskan program nasional, tidak ditarik ke isu Agama.

“Tujuan program Kementrian Koperasi dan UKM melalui Kopnas adalah lebih concern di sisi ekonomi, tidak ‘ditarik-tarik’ ke isu ranah agama,” kata Deputi Pembiayaan Kemenkop. (boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 komentar