oleh

Kamar Operasi Rumah Sakit Bali Mandara Teknologi Tinggi dan Hadirkan Suasana Alam

Denpasar, Lintasnusanews.com – Rumah Sakit Umum Bali Mandara terletak di Jalan Bypass Ngurah Rai, Sanur Denpasar ini, beroperasi pada 28 Oktober 2017 lalu. Namun Fasilitas rumah sakit ini merupakan salah satu tercanggih di Indonesia. Karena kamar operasinya berteknologi canggih dan kamar operasinya didesign unik seolah sedang berada di alam.

“Kamar operasi ini dikonsep dengan (MOT) modular operation teater yang dilengkapi dengan peralatan yang cukup canggih. Kalau di Bali mungkin ini yang paling canggih, termasuk juga salah satu di Indonesia. Kami boleh dikatakan berkualitas sangat baik. Karena semua accessories di sini seperti misalnya dinding ini anti bakteri, anti gempa. Kami juga mengambil alam kami padukan dengan ruangan kamar operasi,” papar Direktur Rumah Sakit Bali Mandara, dr. Gede Bagus Darmayasa.

Design perpaduan alam dalam kamar operasi, membuat kamar operasi terlihat nyaman dan memanjakan pasien ketika masuk ke ruang operasi. Sejumlah pemandangan alam yang diambil untuk mewarnai ruang operasi diantaranya pemandangan Phuket Thailand, pemandangan Wisata Sanur. Selain itu, suasana alam Padangbay Karangasem yang terletak di ujung timur pulau Bali.

Rumah Sakit Bali Mandara Miliki 6 Kamar Operasi

Selain itu, kamar operasi ini juga dilakukan peengecekan alat secara ketat setiap bulannya, untuk memastikan semua alat berfungsi dengan baik. Kamar operasi juga dilengkapi peralatan camera dan disertai sensor alarm, saat operasi pasien berlangsung untuk memudahkan koordinasi antar dokter.

“Selain itu ruang operasi dilengkapi lampu yang dilengkapi kamera, tujuannya adalah ketika ada sejawat kami yang mungkin bekerja di ruangan lain mereka bisa berkoordinasi. Dan ini memang membutuhkan maitanance yang tinggi untuk mengecek kualitas alat dan ruangannnya kami cek. Saat mendirikan ruangan ini kami sudah kerjasama dengan para ahli dari jerman dan Universitas Udayana, kata dr. Bagus.

Rumah sakit ini memiliki 6 kamar operasi yakni satu kamar operasi terletak di lantai satu bersebelahan dengan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan 5 kamar lainnya terletak di lantai 2. Perawatan alat dan pengecekan kelembabab udara dipasang sensor alarm untuk memastikan semua proses operasi atau bedah berjalan lancar.

“Kelebihan lain di sini adalah kelembaban udara terjaga banget, semuanya disertai dengan sensor. Kalau misalkan dibawah atau melebihi standar, maka akan mengeluarkan alarm. Selain itu juga mikroskop bagi dokter bedah saraf yang akan melakukan bedah tengkorak kepala, lidah tumor misalnya, mereka akan melihat langsung lokasi titik yang akan dibedah. Mereka sudah dilengkapi dengan pantero ini untuk mendeteksi letak tumor yang akan dibedah,” papar dokter yang akrab disapa dr. Bagus ini.

Fasilitas yang terkesan mewah dan bertenologi canggih ini tidak hanya dinikmati oleh pasien dengan kemampuan ekonomi menengah keatas, namun juga pasien BPJS yang hendak menjalani operasi di rumah sakit ini. Jadi anda tidak perlu khawatir, semua pasien yang hendak operasi bisa menikmati fasilitas rumah sakit ini. (boy/tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya