oleh

Fraksi NasDem Denpasar: Persoalan TPA Suwung Perlu Bantuan Dana APBN

Denpasar, LNN – Fraksi NasDem Kota Denpasar Bali, meminta perhatian pemerintah pusat dalam menyelesaikan persoalan Tempat pembuangan Akhir (TPA) Suwung, demi menjaga pariwisata Bali. NasDem juga mengapresiasi solusi konkret yang telah ditempuh Gubenur Bali namun penanganan persoalan sampah dengan teknologi tinggi perlu dibantu dengan APBN karena kondisi sampah suwung sangat memprihatinkan.

“Tentu kami selalu mendukung langkah cepat dan strategis yang diambil untuk menuntaskan persoalan TPA pesanggaran. Sehingga Kita berharap bapak gubernur mencari terobosan dengan mengkoordinasikan lebih fokus permasalahan permasalahan yang ada di TPA sanggaran, terkait wilayah kabupaten lain yang membuang sampah di TPA sanggaran. Termasuk mencari terobosan ke pemerintah pusat untuk secepatnya bisa diwujudkan pengolahan sampah dengan teknologi yang lebih canggih,” ungkap Ketua Fraksi NasDem Denpasar Anak Agung Ngurah Gede Widiada, melalui pesan Whatssapp saat dihubungi Lintasnusanews.com, Kamis (31/10/2019) siang.

TPA Suwung. Foto: Istimewa

Agung Widiada berharap, kondisi bau menyengat yang disebabkan oleh sampah di TPA Suwung mendapat perhatian pemerintah pusat, karena Bali sebagai kawasan pariwisata selama ini telah menyumbang devisa di sektor pariwisata sebesar 100 Triliun per tahun. Menurut Agung, kondisi ini bila dibiarkan akan membawa citra buruk bagi pariwisata Bali, sehingga dibutuhkan solusi realistis dalam menangani persoalan sampah di TPA Suwung.

Baca juga: Tahun 2018, Bali Sumbang 100 Triliun Devisa Pariwisata Indonesia

“Kami sangat prihatin akan kondisi yang terjadi karna cukup lama masyarakat merasa tidak nyaman oleh bau busuk yang menyengat. Belum lagi bisa menimbulkan dampak dampak lain yang terkait degan kesehatan. Untuk itu, ini momentum kita selesaikan secara tuntas. Tentu mesti dikomunikasikan dengan pemerintah pusat, karena bagai mana pun TPA sanggaran berada di segitiga emas kawasan resort pariwisata Bali,” ujar politikus asal Puri Peguyangan ini.

Sebelumnya Gubernur Bali, I Wayan Koster telah menemui tokoh masyarakat dan meninjau TPA Suwung pada 29 Oktober lalu dan meminta pemerintah kabupaten/kota di kawasaj Sarbagita menghentikan sementara pengiriman sampah ke TPA Suwung. Koster juga meminta pemerintah kabupaten/kota mencari solusi alternatif membangun TPA di wilayahnya masing-masing. (Boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya