oleh

Songsong Hari Juang TNI, kodam Udayana Ziarah ke TMP Pancaka Tirta

-DIKBUD-44 views

Tabanan, LNN – Sebagai ungkapan rasa bakti dan hormat kepada para kusuma Bangsa, Kodam IX/Udayana Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, Tabanan, pada Kamis (12/12/2019). Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto mengatakan, Hari Juang TNI AD tahun 2019 ini, merupakan momentum yang sangat tepat untuk memberikan penghormatan sekaligus mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan Kemerdekaan NKRI.

“Maka sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus memberikan penghormatan yang layak untuk para pahlawan yang telah mendahului kita, serta sekaligus memohon restu untuk mewarisi jiwa patriotisme dan kepahlawanan beliau guna melanjutkan perjuangannya,” ungkap Kapendam.

Ziarah ini digelar dalam rangkaian Peringatan Hari Juang TNI AD tahun 2019 yang jatuh pada Minggu (15/12) mendatang, Ziarah dipimpin Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri,l. Ziarah ini diikuti sekitar 300 orang personel yang terdiri dari Peleton Gabungan Pamen Jajaran Kodam IX/Udy, Peleton Pama Jajaran Kodam IX/Udy, Peleton Korps Wanita TNI AD (KOWAD), Kompi gabungan Bintara/Tamtama Jajaran Kodam IX/Udy Se-Garnisun Denpasar, Peleton Satsikmil Ajendam IX/Udy, Peleton Korpri Putra dan Putri Jajaran Kodam IX/Udy dan Peleton Persit KCK PD IX/Udy.

Acara diawali dengan Penghormatan kepada arwah Para Pahlawan dan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Kasdam IX/Udayana selaku Pimpinan Rombongan. Selanjutnya, meletakkan karangan bunga pada Candi Induk dilanjutkan dengan melaksanakan tabur bunga diikuti oleh para pejabat dan peserta Ziarah Rombongan di seluruh pusara para Pahlawan yang ada di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta.

Kapendam menegaskan, ziarah rombongan ini memiliki arti yang sangat penting, disamping sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendharma bhaktikan seluruh jiwa raganya, juga sebagai bukti kebesaran jiwa Bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.

Hadir dalam acara ini, Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udy, Para Staf Ahli Pangdam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy, dan pengurus Persit KCK PD IX/Udayana.

Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, yang terletak di Kabupaten Tabanan ini didirikan pada Selasa, 29 Agustus 1950 dan memiliki luas mencapai 3 hektar. Dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan ini, pengunjung dapat mengungkapkan rasa bakti dan hormat kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk membela Tanah Air Indonesia. (Boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya