oleh

Bawaslu Bali Akan Libatkan Pramuka Awasi Pilkada Serentak 2020

Denpasar, LNN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bali akan melibatkan seluruh kwartir cabang Pramuka se-Bali melalui pembentukan Saka Adyasta di masing-masing Kwarcab kabupaten/kota. Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Bali, Ketut Aryani saat membuka kegiatan Perkemahan Bhakti Pemilu, di Taman Makam Pahlwan Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan, Jumat (13/12/2019) petang.

“Keterlibatan gerakan Pramuka dalam pengawasan Pilkada 2020 sangat penting. Lebih-lebih organisasi Pramuka merupakan salah satu organisasi yang sangat solid, dan ada hampir di semua instisuti pemerintah. Ini tentu sangat besar peranya, jika Pramuka dilibatkan dalam pengawasan partisipatif,” ungkap Ketua Bawaslu Bali.

Kegiatan yang berlangsung 13-15 Desember ini, diikuti gerakan Pramuka dari Penegak dan Pandega seluruh Bali yang nota bene kelompok masyarakat pemilih pemula. Kegiatan tersebut dihadiri para Komisioner Bawaslu Bali, Ketut Ariyani, Wayan Widyardana Putra, dan I Ketut Rudia. perwakilan Kwarda Bali, serta komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota se Bali.

Ketut Ariyani menjelaskan, kegiatan Perkemahan Bhakti Pemilu dilaksanakan serangkaian dengan persiapan Bawaslu Bali menyambut Pilkada 2020. Sebagai satu-satunya lembaga yang diberikan kewenangan melakukan pengawasan, lanjut Ariyani, Bawaslu Bali merasa partisipasi semua komponen masyarakat salah satunya gerakan Pramuka, sangat penting.

Ariyani menambahkan, kegiatan ini juga merupakan langkah awal persiapan Bawaslu RI membentuk Saka Adyasta Bawaslu RI. Harapnya, terbentuknya Saka Adyasta Bawaslu RI akan semakin menguatkan eksistensi Bawaslu di tengah-tengah masyarakat dan selalu dipercaya sebagai lembaga pengawal demokrasi

“Ini adalah langkah awal. Semoga denga perkemahan ini, akan banyak memberikan manfaat, terutama pengetahuan kepemiluan bagi adik-adik. Kami sangat senang dapat berbagi hal-hal yang berkaitan dengan kepemiluan terutama menyangkut hak dan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik. Dan yang terpenting adalah jalinan persaudaraan kita akan semakin erat,” papar Ariyani.

Kegiatan selama 3 hari akan diisi pemberian materi oleh Tenaga Ahli Divisi Pengawasan Bawaslu RI Maskurudin Hafis, komisioner Bawaslu Bali dan Ka Kwarda Bali. Selain itu digelar kegiatan lapangan seperti lomba pentas seni, lomba yel yel dan lomba kerapihan tenda. Kegiatan akan diakhiri dengan api unggun dan penandatanganan MOU untuk pembentukan Saka Adyasta di masing-masing Kwarcab kabupaten/kota. (Boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya