oleh

Kapal Plataran Phinisi Tenggelam di Labuan Bajo, Berikut Nama Penumpang dan Kru Kapal

-Berita-354 views

Labuan Baj0, LNN – Kapal Laut Plataran Phinisi Bali, dikabarkan tenggelam di perairan Pulau Bidadari, Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada Selasa (20/01/2020) siang. Kapal berkapasitas 32 Grosston yang mengangkut 9 orang wartawan Istana Kepresidenan dan 8 orang Crew kapal itu, tenggelam akibat angin kencang namun semua penumpang dan selamat dalam musibah ini.

“KLM Plataran Phinisi itu jumlah penumpangnya 16 orang, 9 orang wartawan sisanya Crew. Mereka hanya foto-foto saja di depan pulau itu trus foto-foto, tiba-tiba angin kencang dan mengalami kecelakaan. Kapal itu tenggelam, korban-korban diselamatkan oleh KM Nusantara, kapal Pol Air dan beberapa kapal lainnya,” ungkap Kapolres Manggarai Barat, AKBP Handoyo Santoso, saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (21/01/2020) siang.

Kapolres menjelaskan, Kapal diterjang angin kencang di Pulau Bidadari sehingga posisi kapal berputar halun menuju ke Labuan Bajo. Saat kapal hendak tenggelam, kru kapal membagikan pelampung kepada para penumpang sebelum akhirnya ditolong oleh speed boat milik Plataran Resort dan kapal lainnya untuk mengevakuasi korban.

“Pukul 11.30 wita saat telah tiba di Perairan Bidadari posisi kapal langsung berputar haluan menuju ke arah Labuan Bajo dan kapal terus berlayar. Pukul 12.00 wita, tiba-tiba angin kencang menerpa kapal dimana layar Kapal yang sebelumnya digunakan saat berlayar belum sempat diturunkan sehingga kapal langsung terbalik dan terjatuh ke sebelah kiri, dan pada saat itu juga Kapten Kapal dan Crew Kapal langsung mengeluarkan Life Jacket dan Life Raf untuk digunakan oleh para penumpang,” papar Kapolres.

Kapolres Manggarai barat, AKBP Handoyo Santoso saat turun ke lokasi evakuasi pasca kejadian. Foto: Istimewa

Pasca kejadian, sekitar pukul 12.15 wita, 3 speed boat milik Plataran dikerahkan menuju ke Perairan Bidadari untuk mengevakuasi seluruh penumpang kapal dan dibawa menuju ke Plataran Resort Labuan Bajo. Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari Kapten Kapal Plataran Phinisi Bali, Andy Ahmad (28), pada pukul 11.00 wita, KLM Plataran Phinisi Bali yang membawa 9 orang wartawan kepresidenan bertolak dari Dermaga Kayu Plataran Resort Labuan Bajo menuju ke Bidadari yang berjarak sekitar 0,5 mil untuk melakukan kegiatan pengambil gambar panorama penumpang kapal yang berjumlah sebanyak 16 orang

Berikut daftar nama Penumpang dan Crew Kapal Plataran Phinisi Bali yang selamat;

1. Andy Ahmad, Laki-laki (28) (Kapten)

2. Densi Gau (40) (Crew)

3. Muhamad Roni 20 tahun (Crew)

4. Muhamad wahyu 20 tahun (Crew)

5. Edho Ferdinazah, Laki-laki, 38 tahun (Penumpang)
6. Anindyka Pribadi, Perempuan, 28 tahun (Penumpang)
7. Sri Krismastianti Barumo Suryo Kusumo, Perempuan, 28 tahun (Penumpang)
8. Agus Rahmat, laki-laki, 34 tahun (Penumpang)
9. Agus Susilo, laki-laki, 39 tahun (Penumpang)
10. Deska Nidia Natalia, Perempuan, 33 tahun (Penumpang)
11. Lisa Ekeham, Perempuan, 26 tahun (Penumpang)
12. Nita Sari, perempuan, 40 tahun (Penumpang)
13. Iwan, laki-laki 40 tahun (Penumpang)
14.Jack Laki-laki, umur 41 tahun, (Guide)
15. Hasnintang 38 tahun (Istri ABK)
16. Danis. Laki-laki, umur 9 tahun (Anak ABK)

Kapolres menerangkan, berdasarkan pengakuan Managemen Plataran Phinisi Bali, saat kapal berangkap dari pelabuhan pelataran cuaca saat itu masih cukup tenang. Namun pihak kepolisian masih berkoordinasi dengan pihak Sahbandar Labuan Bajo untuk mengetahui ada atau tidaknya himbauan dari BMKG setempat sebelum kapal diberangkatkan. Kapolres juga menegaskan, kapal yang ditumpangi wartawan dan tenggelam, bukan kapal yang ditumpangi Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Labuan Bajo.

“Sudah ada info yang beredar bahwa kapal yang tenggelam tersebut adalah kapal yang di naiki oleh Bapak Presiden Indonesia bapak Joko widodo. Itu tidak benar. Kapal Plataran Phinisi Bali yang tenggelam bukan kapal yang ditumpangi oleh Bapak Presiden RI tanggal 20 Januari 2020. Saat ini para penumpang jurnalis kepresidenan sudah ke Bandara dan siap balik ke Jakarta,” pungkas Kapolres. (Boy/Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya