oleh

Camat Kelubagolit Adonara Fasilitasi Persoalan Air Bersih Warga

Penulis : Fransiskus Kopong Doken,S.Ikom
Warga Desa Adobala, Kecamatan Kelubagolit, Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT

Larantuka, Lintasnusanews.com – Warga Desa Adobala dan Desa Pepakgeka, Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur NTT, mengeluhkan minimnya pasokan air bersih selama tiga pekan terakhir. Warga yang selama ini mengkonsumsi air minum dari sumber mata air Waidoko itu, mengadukan persoalan ini kepada Camat Kelubagolit, Lambertus Ulin Tokan, SE.

Camat yang menerima keluhan warga, memfasilitasi pertemuan warga dengan para pemangku kepentingan di Desa Lambunga, Selasa (11/02/2020). Hadir dalam pertemuan itu masing-masing; Kades Pepakgeka, Kades Lambunga, Kades Adobala, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Aparat Kecamatan, Babinsa Kelubagolit, Danramil Adonara Timur dan Kapolsek Adonara, AKP Eman Tokan.

Camat Kecamatan Kelubagolit, Lambertus Ulin Tokan mengatakan, masalah air minum merupakan masalah penting karena kebutuhan pokok masyarakat. Camat menghimbau masyarakat di wilayah Lambunga yang memanfaatkan sumber mata air Waidoko, agar selalu menjalin kerjasama yang baik agar bisa mencarikan solusi untuk atasi persoalan air di wilayah ini.

“Kita harus memiliki pandangan jauh kedepan terkait persoalan air yang selalu dialami warga. Kita juga harus memikirkan kebutuhan jangka panjang, misalnya membuat bak induk di seputaran daerah Watodei desa Lambunga. Kemudian juga ada jangka pendekanya, kita bisa membuat jaringan air minum di wilayah ini supanya sama-sama bisa merasakan manfaatnya,” ungkap Camat.

Sementara itu, Kapolsek Adonara, AKP Eman Tokan mengingatkan masyarakat di wilayah Lambunga, agar selalu menjaga kekompakan dan saling pengertian sehingga tidak menimbulkan prasangka buruk terkait persoalan air yang merupakan kebutuhan pokok warga.

“Kita harus sama-sama melawan oknum-oknum yang menjadi provokator, yang memprovokasi situasi keamanan masyarakat kita. Terlebih, menghindari ujaran- ujaran kebencian yang kini makin marak dilakukan melalui sosial media, seperti Facebook, WA dan lain sebagainya. Kita semua harus bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketertiban yang sudah terjalin baik di wilayah ini,” kata Kapolsek.

Hal senada juga di lontarkan sejumlah tokoh masyarakat yang ada di wilayah Lambunga yang hadir dalam pertemuan tersebut. Para tokoh sepakat saling mendukung dan mencari jalan keluar terkait persoalan air yang dialami di wilayah ini. Camat Kelubagolit berjanji akan menindaklanjuti point kesepakatan bersama yang dihasilkan dalam pertemuan itu, dengan melakukan pembenahan kepengurusan air minum wilayah yang akan digelar pada Jumad (14/02/2010) di kantor Camat Kelubagolit. (***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya