oleh

Ombudsman Bali Himbau Warga Tidak Cemaskan Isu Virus Corona

-Berita-34 views

Denpasar, Lintasnusanews,com – Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali, Umar Ibnu Alkhatab meminta masyarakat agar tidak cemas akan penyebaran virus corona di Bali khususnya dan Indonesia umumnya. Masyarakat Bali diharapkan sepenuhnya mempercayakan pencegahan dan penanganan penyebaran virus ini kepada pemerintah daerah di Bali melalui dinas kesehatan.

“Kami melihat saat ini ada keresahan di masyarakat akan virus ini akibat munculnya isu ada wisatawan asing asal China yang terpapar virus ini seusai pulang dari Bali. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir dan kami himbau untuk tetap tenang karena sudah dipastikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali bahwa penularan tersebut tidak terjadi di Bali,” ungkapya, Jumat (14/02/2020) siang.

Umar mengaku, tengah mendapat penjelasan dari Pemerintah Provinsi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan terkait adanya wisatawan asal Tiongkok yang masuk ke Bali pada akhir Januari lalu menggunakan maskapai Lion Air. Wisatawan tersebut tengah balik ke negaranya pada 28 Januari menggunakan maskapai Garuda setelah seminggu berlibur ke Bali, sehingga masa inkubasi 14 hari telah lewat.

Karena itu, Umar meminta masyarakat lebih bijak menanggapi setiap isu virus corona yang beredar, dengan memverifkasi melalui media maisntream yang dapat dipercaya. Umar juga meminta pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Kesehatan masing-masing wilayah berkolaborasi melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganannya.

“Kami meminta agar seluruh dinas kesehatan harus memiliki cara pencegahan yang serius. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait pencegahan dan penanganan jika ada yang terjangkit virus corona,” ungkap pria asal Flores Timur NTT ini. (Tim/Boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya