oleh

Komisi X Apresiasi Komitmen Pemerintah Memajukan Kebudayaan

Jakarta, Lintasnusanews.com – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, mengapresiasi komitmen dan keberpihakan pemerintah terhadap kebudayaan. Hetifah menyampaikan, Komisi X DPR RI pada 20 Februari 2020 lalu telah menyetujui perubahan anggaran Ditjen Kebudayaan yang semula sebesar Rp 1.3 triliun menjadi Rp 1.8 triliun sesuai dengan perubahan struktur dalam Kemendikbud.

“Mudah-mudahan saja perubahan nomenklatur yang sudah terjadi fungsi program yang sudah kami setujui termasuk nomenklatur pelestarian budaya menjadi pemajuan kebudayaan sesuai dengan undang-undang nomor 5 ini akan menjadi lebih baik, dan terakhir saya berharap bahwa langkah-langkah strategis dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan juga teman-teman pegiat kebudayaan baik para seniman budayawan, asosiasi dan juga pemangku kepentingan lainnya bisa memperkuat kembali kerjasama kita. Kami meyakini bahwa kebudayaan merupakan investasi terbesar untuk berkontribusi dalam rangka membangun SDM unggul di masa-masa yang akan datang sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang berkemajuan, berbudaya, dan berkeadaban,” ungkap Hetifah saat pembukaan Rakornas Bidang Kebudayaan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada Rabu (26/02/2020).

Hetifah menjelaskan, dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, komitmen dan keberpihakan diterjemahkan dengan upaya pemajuan kebudayaan melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan.

“Saya sebagai bagian dari DPR RI memang merasa ini adalah satu mungkin prestasi terbesar yang kami di Komisi X dapatkan atau peroleh yaitu terbitnya Undang-undang nomor 5 tentang Pemajuan Kebudayaan,” ujar Hetifah.

Di samping itu, Hetifah mengapresiasi daerah-daerah yang sudah menyusun pokok-pokok pikiran kebudayaan daerahnya masing-masing. Hetifah berharap agar pada kegiatan Rakornas ini, para pemangku kepentingan menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya demi pemajuan kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional.

“Jadi mungkin gunakanlah waktu yang sangat berharga yang kita dapatkan pada beberapa hari ini untuk bisa menyampaikan berbagai gagasan dan kami pun di DPR tentunya menunggu hasil-hasilnya dan ini akan kami jadikan juga satu masukan karena kita janji sudah gotong royong dan bergandeng tangan maka kewajiban saya dan kawan-kawan di Komisi X DPR RI untuk merealisasikan atau pun mencoba mewujudkan apa yang Bapak Ibu sekalian hasilkan dari pertemuan ini,” terangnya. (Tim/Boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya