oleh

KTT SAI20 Bantu Pemerintah Rumuskan Kebijakan Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan

Denpasar, Lintasnusanews.com – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Supreme Audit Institutions 20 (SAI20) di Nusa Dua Bali, Senin (29/08/2022). Wapres mengatakan, konferensi ini membantu pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi.

KTT SAI20 yang berlangsung tanggal 29 dan 30 Agustus 2022 ini diikuti 12 SAI negara anggota G20. Masing-masing; Argentina, Australia, Brazil, Cina, India, Indonesia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Republik Korea, Meksiko, Rusia, dan Turki.

SAI20 2022 mengusung dua isu prioritas, yaitu percepatan pemulihan ekonomi dan mendukung pencapaian SDGs (Supporting the Achievement of SDGs). Dua isu ini sesuai dengan tema Presidensi G20 Indonesia “Recover Together, Recover Stronger”.

Wakil Ma’ruf Amin mengatakan, KTT SAI20 ini memiliki peran penting bagi pemerintah untuk menjaga disiplin dalam pengelolaan anggaran keuangan negara. Termasuk dalam menghadapi dampak pandemi Covid19 dan tantangan krisis global saat ini.

“Dukungan dan panduan yang dapat diberikan oleh SAI adalah melalui pemberian perspektif audit yang konstruktif. Dan bertujuan untuk terwujudnya pemulihan kondisi ekonomi secara berkelanjutan,” ungkap Wapres.

Ma’ruf Amin menekankan tiga hal dalam peningkatan peran lembaga audit dalam memastikan program-program sentral pemerintah. Untuk pemulihan dampak pandemi Covid19 dan krisis dapat terlaksana di lajur yang tepat.

“SAI20 agar menyampaikan perspektif audit yang independen dalam rangka membantu pemerintah merumuskan kebijakan pemulihan ekonomi” ujarnya.

Dengan perspektif audit yang independen dan konstruktif, diharapkan ke depannya seluruh program pemerintah dapat berjalan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

“SAI merumuskan peran dalam mendukung masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingan. Dalam mengatasi aneka tantangan global. Yaitu penguatan arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital. Dan pembangunan ekonomi hijau, termasuk transisi energi yang adil dan terjangkau,” papar Wapres.

Selanjutnya Wapres menekankan pentingnya jejaring antara sesama pemangku kepentingan, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Jadikan KTT SAI20 sebagai jembatan penghubung pemikiran para auditor mancanegara. Tentunya memiliki mandat dan pengalaman berbeda dalam merespons krisis sehingga dapat memberikan kekayaan perspektif dan gagasan,” pungkas Ma’ruf. (boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya