oleh

Pemerintah Siapkan 16 Hektar Lahan Relokasi Korban Gempa Cianjur

Cianjur, Lintasnusanews.com – Pemerintah pusat menyiapkan 16 hektar lahan untuk relokasi korban gempa Cianjur Jawa Barat yang menewaskan 340 orang pada Senin (21/11/2022) lalu. Pemerintah akan membangun rumah tipe 36 di lokasi baru dan lahan bekas gempa selanjutnya dikelola pemerintah sebagai lahan hijau.

“Jadi 16 hektar telah disiapkan. Nanti Bupati dan tim yang akan menentukan siapa dan penduduk mana yang akan pindah ke sini. Begitu yang direlokasi sudah punya rumah dan hak tanah baru, tanah warga yg lama akan dikelola pemerintah agar warga tidak balik lagi ke sana,” jelas Kepala BNPB, Letjen. TNI Suharyanto, dalam siaran pers Jumat (01/12/2022).

Salah satu lokasi lahan relokasi yang ditinjau di wilayah Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Menurut Suharyanto, rumah yang akan dibangun nantinya merupakan bangunan tahan gempa.

Menurutnya, lahan di Desa Sirnagalih dipilih setelah adanya rekomendasi dari BMKG terkait keamanan terhadap potensi bahaya baik potensi bahaya geologi maupun hidrometeorologi.

“Rumah yang lama akan dijadikan daerah resapan air dan daerah hijau. Sehingga tidak dihuni lagi oleh masyarakat. Karena dikhawatirkan jika gempa terjadi lagi di situ, minimal korbannya tidak banyak,” ujarnya.

Selain meninjau lahan di Sinargalih, Suharyanto juga meninjau rumah warga Desa Ciwalen Kecamatan Warungkondang yang akan dijadikan percontohan.

“Akan dijadikan contoh bagi warga, tipenya 36 rumah RISHA,” katanya.

Data sementara kerusakan rumah akibat gempa hingga hari Rabu (30/11/2022) sebanyak 17.864 unit. Dari jumlah itu tercatat 4.376 unit rusak berat, 5.306 rusak sedang dan 8.182 rusak ringan.

Hingga saat ini, warga yang masih mengungsi mencapai 109.386 jiwa atau 39.521 kepala keluarga. Para pengungsi tersebar di 451 titik, dengan rincian 351 di pos pengungsian terpusat dan sisanya pengungsi mandiri. (tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya