oleh

Kapolres Flores Timur Instruksikan Waspada Penyeberangan Arus Mudik Natal

Larantuka, Lintasnusanews.com – Jelang perayaan natal dan tahun baru di Flores Timur NTT, Kapolres Flores Timur AKBP I Gede Ngurah Joni instruksikan jajaran antisipasi penyeberangan. Hal ini mengingat Larantuka merupakan ibukota kabupaten tempat transit masyarakat Adonara, Solor dan Lembata.

“Dari Sisi keamanan juga terdapat beberapa potensi gangguan yang harus diwaspadai yaitu seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan penyeberangan antar pulau. Serta kepadatan antara bandara terminal dan pelabuhan,” ungkap Kapolres Flores Timur, AKBP I Gede Ngurah Joni  saat membacakan amanat Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kamis (22/12/2022).

Kapolri mengingatkan agar pengalaman pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 sebagai acuan, dan harus dilakukan secara fleksibel. Selain itu potensi ancaman terorisme juga menjadi atensi gangguan yang serius. Oleh karena itu, deteksi dini harus diperketat agar mencegah aksi-aksi terorisme.

Acara gelar pasukan di lapangan Mapolres Flotim ini itu, sekaligus pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana dan prasarana. Kapolres berharap, pengamanan dilakukan secara optimal dan bersinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 berjalan kondusif.

Kapolres mengimbau para anggota agar melibatkan elemen masyarakat, termasuk tokoh agama sebagai wujud toleransi beragama. Sementara pengamanan perayaan malam tahun baru 2023 akan dilakukan pengetatan ijin kegiatan keramaian.

“Dengan melakukan assesmant, bekerjasama dengan penyelenggara dan stake holder terkait. Terutama kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Hal ini guna mengantisipasi kerumunan yang dapat menimbulkan korban jiwa,” kata Kapolres Ngurah.

Pria asal pulau Dewata Bali itu menambahkan, operasi pengamanan ini merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, seluruh personil pengamanan senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas yang baik.

“Saya yakin maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dan tahun baru dengan penuh hikmat,” pungkasnya.

Penulis: Boro Huko

Editor: Ambros Boli Berani

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya