oleh

Terjatuh Saat Melaut, Nelayan di Buleleng Bali Hilang

Buleleng, Lintasnusanews.com – Seorang nelayan warga Desa Bungkulan Kecamatan Sawan Kabuoaten Buleleng Bali hilang saat melaut di perairan setempat, Sabtu (04/11/2023) pagi. Korban diduga jatuh dari jukung dan sempat dicari warga namun belum membuahkan hasil.

Peristiwa hilangnya nelayan bernama Ketut Santiasa (42) itu kemudian dilaporkan Camat Sawan,Wirama Satria ke Pos SAR Buleleng. Menurut camat, Santiasa hilang sekitar pukul 08.30 dan warga setempat mengerahkan 6 jukung untuk mencari korban.

Karena bahan bakar yang menipis, para nelayan kembali ke darat dan melaporkan kejadian nelayan hilang tersebut ke aparat desa dan camat. Tim SAR Buleleng yang menerima laporan camat, kemudian bergerak dari Pos SAR Celukan bawang ke perairan Bungkulan.

“Kemarin kami terima laporan dari Bapak Wirama Satria, Camat Sawan sekitar pukul 15.15 Wita,” ungkap Koordinator Pos SAR Buleleng, Dudi Librana, Minggu (05/11/2023).

Menurut Dudi, Tim SAR gabungan telah melakukan penyisiran sejak Sabtu (04/11/2023) petang dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB). Sementara SRU darat melakukan penyisiran di sepanjang bibir pantai.

“Operasi SAR hari pertama melibatkan 7 personil dari Pos SAR Buleleng bersama potensi SAR,” ujarnya.

Pencarian hari pertama dilakukan hingga malam, namun belum membuahkan hasil. Sehingga petugas kembali bergerak dari Pelabuhan Celukan Bawang, menyisir perairan hingga ke wilayah laut Kecamatan Sawan.

“Sesuai dengan rencana operasi SAR, penyisiran akan dilakukan di seputaran lokasi kejadian dari perairan Pantai Anturan dengan luas area pencarian yakni 13 NM2,” jelas Dudi.

Selain dari Pos SAR Buleleng, unsur SAR lain yang terlibat diantaranya BPBD Buleleng, TNI AL Sangsit, Bhabinkamtibmas, Babinsa. Untuk memaksimalkan pencarian, aparat Polair Polres Buleleng dan Camat Grokgak serta nelayan setempat dikerahkan. (boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya