oleh

Bawaslu Bali Ingatkan Netralitas ASN dalam Pemilu 2024

Denpasar, Lintasnusanews.com -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bali mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) dalam proses dan tahapan pemilu 2024 mendatang. Netralitas ASN, bukan hanya sebatas tidak terlibat dalam kampanye politik, tetapi juga dalam menjaga ketertiban, mencegah tindakan curang, dan memastikan proses Pemilu berjalan sesuai prosedur dan regulasi.

“Netralitas ASN ini adalah salah satu jaminan pemilu berlangsung tanpa bias. Dan hasilnya mencerminkan kehendak rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi,”ungap anggota Bawaslu Bali, Ketut Ariyani dalam acara bincang santai urgensi netralitas ASN dalam Pemilu 2024 secara daring, Selasa (07/11/2023).

Menurut Aryani, ASN menjadi landasan kunci dalam menjamin integritas dan keadilan dalam proses pemilu. ASN juga menjadi komponen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga penting untuk memiliki sikap profesional dan berintegritas.

“Netralitas sebagai salah satu asas penting dalam penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN,” ujarnya.

Mantan Ketua Bawaslu Bali yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Bali itu juga menguraikan landasan aturan.

Dalam pasal 93 huruf f Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 mengamanatkan Bawaslu untuk mengawasi netralitas aparatur sipil negara. Selain itu juga netralitas anggota Tentara Nasional Indonesia, dan netralitas anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Dalam kegiatan yang digelar oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali itu, juga dihadiri 300 orang ASN di seluruh instansi yang ada di Bali. (rsl/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya