oleh

Jelang Idul Adha, Petugas Periksa Hewan Kurban di Medan

Medan, LNN – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H atau Hari Raya Qurban yang jatuh pada 11 Agustus 2019 mendatang, Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Kota Medan melakukan pengecekan hewan di sejumlah tempat penjualan hewan qurban.

“Pengecekan ini kita lakukan untuk melihat kesehatan hewan qurban apakah layak untuk diperjualbelikan,” kata Kepala Klinik Hewan Kota Medan, Labuhan Siregar, saat mengecek kesehatan hewan qurban di Jalan Avros, Medan, Rabu (31/07/2019).

Labuhan menjelaskan bahwa pengecekan yang dilakukan petugas tersebut seperti memeriksa kesehatan, umur, dan luka atau cacat di tubuh hewan qurban.

“Kalau umurnya tidak cukup, kita melarang untuk di jual begitu juga dengan yang cacat,” jelasnya.

Labuhan juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan hewan qurban selama sepekan terakhir di Kota medan.

“Setidaknya kita sudah periksa 600 ekor hewan qurban di tempat pengumpulan hewan qurban dan kita juga akan memeriksa lagi hewan qurban dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha di Masjid-masjid atau perusahaan-perusahaan dan di lingkungan-lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Labuhan menambahkan bahwa pada saat pemeriksaan hewan qurban di Jalan Avros, pihaknya menemukan ada satu ekor lembu yang cacat.

“Ada kita temui satu ekor hewan kurban yang cacat seperti mempunyai tes-tesan atau tunggal dan ini tidak layak. Tapi kita sudah memberi tahu kepada pemiliknya,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang pemilik hewan qurban, Samsul Bahri menuturkan, hari raya kurban kali ini ia menjual 50 ekor hewan qurban.

“Kurang lebih 50 ekor, dan sampai saat ini kita masih fokus kepada pembeli untuk kawasan di Kota Medan,” pungkasnya. (Dev)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya