oleh

Mendiang BJ Habibie Ternyata Memiliki Hobi Photografi

Jakarta, LNN – Photografi merupakan salah satu hobi dari sekian banyak hobi yang digeluti Bacharuddin Jusuf Habibie. Ratusan kamera bermerek menjadi koleksi mantan Presiden ke-3 Indonesia, diantaranya; Canon, Nikon, Leica (semua tipe), Olympus, Hassleblad, Rollei, Sony dan Contax G-3.

“Saya mendapat tugas keliling dunia hanya ntuk mencari kamera,“ ungkap sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubiyanto di Wisma Habibie Ainun, Patra Kuningan, Jakarta, Senin (16/09/2019) malam.

Pria yang akrab disapa Rubi itu menuturkan, ketika Habibie belum memiliki pesawat pribadi, Habibie masih menggunakan pesawat komersil dari Jakarta ke Los Angles transit di Singapura. Di bandara Changi Singapura sambil menunggu waktu untuk naik ke pesawat, BJ Habibie melihat buku buku tentang hobi, diantaranya; buku Photograpy dan Camera, Komputer, Otomotif dan Arloji. Semua buku tersebut dibeli Habibie untuk dibaca selama pernerbangan.

Disaat ibu Ainun sudah tertidur di pesawat, Rubi dipanggil Habibie dan diperlihatkan sebuah gambar kamera merk Contax G-3 dan keterangnnya langsung ditandai dengan stabilo. Rubi diminta mencari Camera yang disukai Habibie.

“Rubi nanti setelah tiba di Amerika kamu cari kamera ini ya “ tutur Rubi menirukan kalimat BJ Habibie kala itu.

Rubi kemudian mencari camera yang diminta Habibie di tempat pusat perfileman Los Angles. Meskipun banyak terdapat toko kamera, namun tidak ditemui kamera yang dimaksud sehingga Rubi pun harus keliling Washington, New York dan New Jersey, namun tidak membuhkan hasil.

Rubi kemudian terbang ke Eropa mengunjungi Paris dan Jerman untuk mencari kamera buatan Jepang, lensa Contax dirancang oleh Carl Zeiss untuk seri G, lisensi Jerman tersebut namun tidak ditemukan camera keinginan Habibie.

Camera Contax G-3 ini kemudian ditemukan oleh seorang sahabat asal negara sakura 3 bulan kemudian, dan dikirimkan ke Jakarta. Hingga wafatnya Habibie, Rubi menyimpan semua koleksi Camera Habibie semasa hidupnya.

“Saya menyimpan semua koleksi kamera beliau di satu ruangan khusus dalam lemari pemanas (dry cabinet), untuk memerangi kelembapan yang bisa merusak komponen kamera. Jadi sudah tidak pakai gel lagi, “ kenang sekretaris BJ Habibie ini.

Mantan Presiden ke-3 pernah menetap lama di Jerman dan hobi fotografi sudah ditekuni sejak masih mahasisiswa. Habibie terkenal super jenius, sehinggat tidak ada guru khusus yang mengajarkan beliau tentang fotografi, semua dipelajarinya sendiri.

“Kunci kesuksesan adalah, jangan pernah berhenti untuk belajar, itu pesan Bapak,” ungkap Rubi mengenal Almarhum Habibie.

Camera terakhir yang digunakan Habibie adalah, Camera Sony untuk menyalurkan hobinya memotret model, termasuk orang orang disekitarnya menjadi objek.

Sementara Thareq Kemal Habibie ketika disinggung tentang “Pameran Awan” tahun 2000 silam yang digelar di kediaman Habibie, Patra Kuningan, Jakarta, putra bungsu Habibie itu mengucapkan terima kasih kepada wartawan lintasnusanews.com.

“Sudah sekian lama ya mengikuti perjalanan bapak, terima kasih banyak,“ ungkap Thareq singkat.

Reporter: Meisye Elizabeth

Editor: Boy Edlon

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya