oleh

Titik Api Masih Terlihat di Lereng Ile Mandiri, Wabup Ajak Masyarakat Aksi Nyata Cinta Flotim

Larantuka, LNN – Pasca penanganan kebakaran oleh Pemerintah Kabupaten Flores Timur di wilayah Gunung Ile Mandiri Larantukan NTT, hingga Rabu (18/09/2019) masih terlihat empat titik api di lereng gunung. Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli mengatakan, hulu api diatas Kelurahan Postoh merupakan titik api di bagian barat yang belum berhasil dipadamkan.

“Memang itu ada salah satu titik yang kemarin belum sempat dipadamkan, disebabkan karena lokasinya yang curam dan sulit dijangkau. Tetapi untuk mengantisipasi hal itu, tim sudah membuat jalur api, sehingga tidak melebar,” ujar Wabup.

Sebelumnya terjadi kebakaran di lereng gunung Ile Mandiri, sejak Senin (16/09/2019) malam. Api merambat ke kawasan hutan lindung di kawasan lereng gunung dalam dua hari terakhir. Hingga berita ini diturunkan, tim Badan Penanggulangan Bencana masih terus melakukan upaya antisipasi agar kebakaran tidak kembali meluas.

Baca juga: Pasca Kebakaran Lereng Ile Mandiri, Polisi Diminta Tangkap Pelaku Pembakaran

Wabup Flores Timur, Agus Payong Boli (bertopi), saat memimpin ASN melakukan pemadaman api di lereng Gunung Ile Mandiri, Larantuka, NTT, Selasa (17/09/2019). Foto: Istimewa

Wabup mengingatkan masyarakat agar jangan anggap sepeleh peristiwa kebakaran, karena bukan saja dampak buruk pada kerusakan habitat hutan dan merusak perkebunan warga. Namun kebakaran mengakibatkan Gunung menjadi gundul dan berdampak pada musim barat berpotensi terjadi longsor dan banjir

“Potensi banjir bandang dan longsornya besa, karena dengan kebakaran ini hutan di puncak sudah terbakar dan menjadi gundul sehingga air hujan dan banjir bisa terjang kota ini kapan saja,”ungkap Agus.

Wabup mengaku telah mengeluarkan surat kepada camat Larantuka, Ilemandiri dan Lewolema serta para lurah dan kades agar menggerakan masyarakat naik gunung padamkan api. Wabup juga menanggapi sindiran netizen di media sosial dengan ajakan berbuat nyata menjaga Flores Timur.

“Bagi orang-orang yang suka nyinyir di medsos ketika menilai saya pimpin pasukan naik gunung hanya untuk selfie gara-gara,sy hanya bilang semoga Tuhan mengampuni pikiran busukmu dan memberi engkau kesadaran baru akan cinta lingkungan kita. Mari kita saling mendukung selamatkan Ile Mandiri demi kota Reinha Larantuka,” ujar Agus.

Wakil Bupati juga minta Raja Larantuka, Don Martinus DVG agar membantu dengan menggelar seremoni adat untuk meminta hujan agar titik-titik api segera padam. (Nis/ Boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya