oleh

Ribuan Penari dan Seniman Semarakan Pawai PKB 2019

Denpasar, LN – Empat ribuan penari dan seniman menyemarakkan pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) 2019, di area Monumen Bajra Sandhi Renon, Denpasar Bali, Sabtu (15/06/2019) petang. PKB ke-41 yang mengangkat tema Bayu Praman ini, diikuti sedikitnya 4.370 orang yang terdiri dari Seniman, Penabuh, Penari, Koreografer dan Masyarakat seni dari 9 kabupaten dan kota se-Bali.

“Pesta kesenian Bali tahun ini mengangkat tema “Bayu paramana”, memuliakan energi angin yang dikemas secara khusus sebagai kesadaran dalam memuliakan daya, energy dan daya sebagai kekuatan konsep alam semesta yakni udara, angina, napas atau sebutan lain yang berhubungan dengan energy angin. Tema ini diimplementasikan secara nyata dan Konsisten dalam berbagai pagelaran, pameran, work shop, sarasehan yang diselenggarakan selama pesta kesenian bali” papar Gubernur Bali, I Wayan Koster, dalam sambutan pembukaan PKB 2019.

Koster menguraikan, PKB 2019 ini diikuti belasan kontingen luar bali yakni utusan seniman dari sejumlah propinsi dan 5 negara sahabat.

“Adapun peserta pawai diikuti 4.370 orang, yang terdiri dari seniman, penabuh, penari, koreografer dan masyarakat seni dari semua kabupaten/kota se-Bali juga dari 10 daerah Propinsi yaitu Tanah Papua, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, Lampung, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Tengah. Serta duta dari luar negeri sebanyak 5 yaitu; Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, Singapura dan India” ujar Koster.

Pesta Kesenian bali dirangkai secara kreatif dan inovatif sebagai bagian dari implementasi kebijakan yang diatur dalam Gubernur Bali tentang Penggunaan Busana Adat Bali; Penggunaan dan perlindungan Aksara dan Sastra Bali; Pembatasan penimbulan sampah plastic; serta pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industry lokal bali. Sebagai implementasi, selama hajatan tahunan ini, para peserta PKB 2019 tidak dipekerkenankan menggunakan bahan dasar plastik dalam setiap pameran dan pagelaran.

Dalam Sambutannya, Gubernur Bali I Wayan Koster juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Joko Widodo bersama Kiyai Haji Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. Koster juga menjelaskan kemenangan Jokowi atas perolehan suara di Bali yang mencapai 91,68 persen. (Boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya