oleh

Anggota Pramuka Flotim Dikerahkan Serentak Tanam Pohon 22 Januari

Larantuka, LNN – Sedikitnya 20 ribu anggota Pramuka se-kabupaten Flores Timur, NTT akan dikerahkan serentak menanam puluhan ribu pohon di seluruh sumber mata air di wilayah itu. Saat yang bersamaan, 19 camat juga dikerahkan bersama para kepala desa dan masyarakat untuk melakukan penanaman perdana di wilayahnya masing-masing.

“Rencana penanaman ini pada tanggal 22 Januari 2020 pada pukul 10.00 Wita, secara serempak di seluruh daerah mata air di Flores Timur, termasuk Gunung Ilemandiri yang akhir tahun kemarin terbakar dan Bukit-bukit gundul di Pulau Solor. Anakan yang nanti ditanam, pohon beringin dan bambu,” ungkap Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, yang juga menjabat Ketua Kwartir Cabang Pramuka Flotim, Jumat (17/01/2020) petang.

Anggota Pramuka di wilayah Kota Larantuka, akan difokuskan untuk melakukanprnghijauan di seluruh sumber mata air Gunung Ilemandiri. Penanaman secara smbolis akan dilakukan di dua tempat yakni sumber mata air Bama Blepanawa oleh Bupati Flotim, Antonius Hadjon dan Agus Boli di lokasi satu mata air di Pulau Adonara.

“Penanaman ini menjadi bagian dari misi Pramuka Kabupaten Flores Timur. Tugas Pramuka menjaga debit air di semua mata air, juga menjaga pantai agar terhindar dari abrasi dengan cara menanam Pohon bakau dan Terumbu karang buatan,” ujar Agus Boli.

Agus Boli menambahkan, Pramuka hadir untuk menggerakan semua elemen di Flores Timur agar menjaga debit air, karena di perkirakan hingga 10 tahun kedepan, sumber air di wilayah ini bisa mengering dan Flores Timur alami kesulitan besar.

“Saya manage Pramuka Flores Timur menjadi cahaya yang menerangi masyarakat dengan tindakan-tindakan kecil tapi berdampak besar,pramuka tidak jamannya lagi hanya bisa apel dan Kemah,” tegas Agus Boli.

Agus menghimbau agar semua mayarakat di wilayah yang dijadikan lokasi kegiatan penghijauan, bisa terlibat langsung dalam kegiatan penghijauan serentak ini.

“Masyarakat harus sadar bahwa ke depan sumber air bisa mengering, jadi mari kita hijaukan dari sekarang. Juga Gunung Ilemandiri yang sudah gundul dan bukit-bukit lainnya,” pungkas Agus. (Boy/Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya