oleh

Truk GAZ Sadko Jadi Andalan BNPB Distribusikan Bantuan Bencana Alam

Jakarta, LNN – Bencana alam kerap mengancam sejumlah wilayah di tanah air dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkadang kesulitan mendistribusikan bantuan ke lokasi bencana dengan tingkat resiko yang tinggi. Namun hal ini mulai perlahan diatasi dengan truk handal GAZ Sadkountuk pengiriman logistik bantuan yang mampu menembus medan berat, dengan spesifikasi offroad ini dengan mudah menerjang medan berlumpur, berkemiringan maupun bergenangan.

“Dua truk itu berjenis Gorkovsky Avtomobilny Zavod (GAZ) Sadko Ural 6 x 6 dan Sadko Next 4 x 4. Truk berseri Sadko Ural 6 x 6 mampu mengangkut beban hingga 6 ton atau berkapasitas 30 orang. Truk ini juga dapat mengarungi genangan air dengan kedalaman hingga 1,7 meter,” ungkap Agus Wibowo, Kepala Bidang Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Rabu (21/01/2020) petang.

Sementara itu, seri lainnya Sadko Next 4 x 4 dengan spesifikasi lebih ringan yaitu berdaya angkut 2,5 ton atau berkapasitas 30 orang. Keistimewaan lain dari kendaraan ini dapat meluncur pada kemiringan 31 derajat dan mengarungi genangan air hingga kedalaman 1,2 meter.

“Truk ini digunakan dalam operasi penanganan darurat, khususnya pengangkutan logistik bantuan di wilayah Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor pascabencana banjir bandang dan longsor beberapa waktu lalu. Operasional kendaraan ini di bawah kendali Korem Bogor,” pungkas Agus. (Boy/Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya