oleh

Antisipasi Penyebaran Corona, Bandara Ngurah Rai Sediakan Hand Sanitizer di Area Terminal

Badung, Lintasnusanews.com – Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali menerapkan kebijakan serius dalam langkah pencegahan serta antisipasi potensi penyebaran Virus Corona. Setelah menerapkan penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas operasional, kini manajemen mengantisipasi penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan itu, dengan menyediakan 48 unit hand sanitizer bagi para penumpang di area terminal bandara.

“Setiap harinya ribuan penumpang lalu lalang di bandar udara. Potensi risiko dari penumpang tidak dapat diabaikan. Maka dari itu, selain penggunaan APD bagi para petugas operasional yang bertugas, kami juga menerapkan langkah preventif dengan menyediakan hand sanitizer bagi penumpang,” ungkap General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Herry A.Y. Sikado, Jum’at (14/02/2020) pagi.

Terminal Keberangkatan Domestik, hand sanitizer ditempatkan di sejumlah titik di area check-in, Orientation Zone, serta di Ruang Tunggu Gate 1 hingga Gate 6. Di Terminal Kedatangan Domestik, lokasi penempatan cairan pembersih tangan ini adalah di area pintu keluar area kedatangan, area publik di dekat gerai Customer Service, serta di area kedatangan. Lokasi-lokasi tersebut dipilih agar pengguna jasa bandar udara dapat dengan mudah menjangkau.

Penumpang Bandara Ngurah Rai tengah menggunakan hand sanitizer di area terminal. Foto: Istimewa

Sementara di Terminal Keberangkatan Internasional, lokasi penempatan hand sanitizer meliputi area publik, check-in counter A hingga E, swing gate, sert Ruang Tunggu Gate 1, Gate 1C, Gate 2, dan Gate 6. Di Terminal Kedatangan Internasional, hand sanitizer ditempatkan di area Visa on Arrival (VoA), area Baggage Claim, serta di area pemeriksaan Bea Cukai dan jalur akses karyawan.

“Menjaga kebersihan tangan sejatinya bukan hanya untuk sebagai bentuk preventif terhadap penyebaran Virus Corona saja. Melainkan, hal ini juga merupakan perwujudan pola hidup bersih. Bandar udara sebagai tempat yang disinggahi oleh ribuan orang setiap harinya, dimungkinkan tidak hanya ada satu jenis virus atau bakteri saja. Dengan menerapkan pola hidup bersih, salah satunya dengan menggunakan pembersih tangan setelah berinteraksi dengan banyak orang di bandar udara, kita dapat mencegah penularan virus atau bakteri untuk menyebar ke bagian tubuh kita atau ke orang lain,” tutup Herry.

Sebelumnya, sebagai langkah antisipasi, Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) telah menerapkan penggunaan alat pelindung diri (APD) berupa masker N95, kaca mata pelindung (goggles), serta sarung tangan (handgloves) terhadap petugas operasional yang banyak berinteraksi dengan banyak orang. (Tim/Boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya