oleh

Fisik Proyek 65 Persen, Proyek Bendungan Napun Gete Ditargetkan Selesai 2020

Maumere, LNN – Proyek pembangunan Bendungan Napun Gete di desa Ilin Medo Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka NTT yang menelan anggaran senilai Rp 849 miliar, ditargetkan selesai pada tahun 2020 mendatang. Hingga saat ini fisik proyek telah mencapai 65 persen, namun Kontraktor pelaksana PT Nindya Karya mengeluhkan kendala sering terjadi pemblokiran akses masuk ke areal proyek karena penyelesaian biaya pemebebasan lahan belum rampung.

“Saat ini 65 persen. Insyaallah sampai 2020 selesai kontrak kita, bisa selesai. Kendala utama ini sebenarnya pembebasan lahan yang belum selesai, karena itu yang membuat masyarakat sini suka menutup jalan akses kita sehingga pekerjaan terhenti tidak bisa bekerja” ujar Project Manager PT Ninya Karya, Ika Riansyah di lokasi proyek Selasa (02/07/2019) siang.

Mega proyek strategis Presiden Joko Widodo ini, merupakan salah satu dari 7 bendungan di NTT yang dibangun Kementrian Pekerjaan Umum, untuk mengatasi ketersediaan akan air di wilayah ini. Proyek APBN yang menelan dana ratusan miliar ini memasuki tahun ketiga  dengan luas lahan bendungan mencapai 161 hektar, namun hingga kini pembebasan lahan baru diselesaikan pembayaran seluas 34 hektar. Sehingga sisa luas lahan yang masih dalam proses pembebasan seluas 112 hektar.

Kondisi ini mengakibatkan, pengerjaan bendungan Napun Gete sempat terhenti beberapa kali disaat warga pemilik lahan yang belum dibebaskan memblokir akses masuk lokasi proyek.

Selain kendala pembebasan lahan, Ika Riansyah juga mengaku, terkendala material galian c berupa pasir yang jauh dari lokasi proyek, yakni mencapai kurang lebih 35 kilometer.

“Ada sebagian material yang kita ambil dari luar karena di lokasi tidak ada, seperti pasir. Tentu cukup merepotkan kita, karena jarak pengambilan pasir dari lokasi kita sekitar 35 kilometer” papar Riansyah.

Bendungan Napun Gete memiliki  daya tampung air sebanyak 14,3 juta meter kubik, dengan luas genangan mencapai 99,78 hektar. Dengan daya tampung ini, Bendungan Napun Gete dapat menyediakan air baku sebanyak 24 meter kubik per detik, dan juga berfungsi sebagai pengendali banjir. (Raul)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya