oleh

Pemerintah Tiongkok Bantu Pemprov Bali 50 Ribu Masker Medis

Denpasar, Lintasnusanews.com – Pemerintah Provinsi Hainan Republik Rakyat Tiongkok membantu 50.000 masker medis sekali pakai kepada Pemerintah Provinsi Bali untuk penanganan Covid-19 di Bali. Bantuan itu distribusikan ke 18 Rumah Sakit Kabupaten/Kota se-Bali di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Senin (11/05/2020).

“Provinsi Bali telah memberikan bukti dan hasil yang positif. Kebersamaan, kedisiplinan dan kerjasama adalah senjata terhebat. Marilah kita bergandengan tangan untuk bekerja keras, bersama memenangkan perang wabah ini. Teman teman yang ada di Bali semuanya, agar tetap mematuhi arahan pemerintah untuk melakukan upaya-upaya pencegahan penularan Covid-19, berinisiatif untuk mengurangi kegiatan di luar, menggunakan masker saat bepergian, mengatur jarak atau sosial distancing,” ungkap Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar, Gou Haodong, saat penyerahan bantuan Senin (11/05/2020).

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan walaupun jumlah pasien yang sembuh semakin tinggi, namun semua pihak diminta untuk tidak lengah, karena peperangan melawan Covid-19 ini masih panjang dan belum diketahui sampai kapan akan berakhir.

“Perjalanan pencegahan penanganan Covid-19 saat ini mengalami pergeseran, dimana yang dulu menerapkan strategi perang awal adalah disemua pintu masuk dengan menambah lapisan ketebalan akibat kedatangan PMI dan wisatawan, namun saat ini Gugus Tugas bersama tenaga medis, Satgas Gotong Royong berbasis Desa Adat serta semua pihak, mulai berpindah melawan penyebaran virus corona yang terjadi di tengah masyarakat, karena semakin banyaknya transmisi lokal,” papar Dewa Indra.

Bantuan 50.000 pcs masker medis dari Pemerintah Tiongkok ini diserahkan bersamaan dengan APD baju coverall sumbangan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional dan madu kele sumbangan daari Ida Pandita Dukuh Acharya Dhaksa, kepada 18 Rumah Sakit Rujukan Covid se-Bali.

Adapun 18 Rumah Sakit Kabupaten/Kota se-Bali yang menerima bantuan masing-masing; RSUP Sanglah, RSPTN Unud, RS Bali Mandara, RS Jiwa Bangli, RSUD Tabanan, RSUD Sanjiwani Gianyar, RSUD Buleleng, RSUD Negara, RSU Mangusada, RSU Wangaya, RSU Bangli, RSU Klungkung, RSU Karangasem, RSU Giri Mas, RSU Tangguwisia, RSU Gema Santhi, RSU Kubu dan RSU Nyitdah.

Selain itu, sebagian bantuan juga diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota seBali yang nantinya akan didistribusikan juga kepada 120 Puskesmas yang ada di seluruh Bali. Penyerahan bantuan ini sebagai langkah layanan dengan jumlah alat pelindung diri, masker dan ketersediaan obat yang cukup sekaligus melakukan penanganan yang maksimal kepada pasien terinfeksi. Gugus Tugas Covid-19 Bali juga terus mengecek ketersediaan alat PCR agar tidak kekurangan dan penyelenggaraan test yang terus berkesinambungan. (tim/boy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya