oleh

New Normal, Imigrasi Ngurah Rai Luncurkan Aplikasi APITO

Badung, Lintasnusanews.com – Menerapkan protokol new normal, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai resmi launching Aplikasi Pendaftaran Izin Tinggal Orang Asing (APITO). Hal ini untuk menghindari kontak fisik dan antrian di kantor Imigrasi daemi memutus mata rantai covid-19.

“Untuk mengurangi intensitas kehadiran orang asing yang melakukan proses layanan. Kantor Imigrasi pada masa new normal ini ada 3 kategori orang asing yang datang. Mereka yg mengajukan permohonan, yang sekedar menanyakan informasi atau yang datang pada tahapan kedua untuk melakukan foto dan sidik jari. Dengan penerapan aplikasi ini maka mengurangi satu kategori walk in,” ungkap Plt. Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Eko Budianto, Selasa (23/06/2020).

Baca juga: Imigrasi Ngurah Rai Bali Kembali Membuka Layanan Pembuatan Paspor bagi WNI

Pendaftaran APITO dapat diakses melalui laman ngurahrai.imigrasi.go.id/apito. Melalui APITO, orang asing pemohon layanan keimigrasian dapat memilih jadwal kedatangan sesuai dengan kuota yang tersedia. Sehingga mampu mengurai potensi kerumunan antrian di kantor imigrasi.

“Aplikasi ini juga menyederhanakan proses permohonan. Jika sebelumnya pemohon harus datang tiga kali mulai dari submit dokumen, pengambilan foto dan sidik jari, dan pengambilan paspor. Dengan menggunakan APITO cukup hadir dua kali yaitu pada saat pengambilan foto dan sidik jari serta pengambilan paspor,” ujar Budianto.

New Normal Berdasarkan SE Dirjen Imigrasi

Layanan keimigrasian telah dibuka awal bulan Juni dengan pelayanan permohonan Paspor RI. Sementara layanan bagi orang asing meliputi; Alih Status Ijin Tinggal Keimigrasian dan Pemberian Izin Tinggal Terbatas (ITAS) baru. Selain itu Pemberian Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM), Pendaftaran Pewarganegaraan Ganda Terbatas dan Fasilitas Keimigrasian.

Hal ini berdasarkan Surat Edaran Dirjen Imigrasi tentang Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Keimigrasian dalam masa new normal. Kantor Imigrasi Ngurah Rai berinisiatif untuk menghadirkan inovasi berbasis aplikasi untuk memudahkan para pemohon dalam mengajukan layanan keimigrasian.

Aplikasi ini merupakan pengembangan dan penyempurnaan pelayanan orang asing yang telah berjalan sebelumnya yakni submit dokumen melalui email imigrasingurahrai@yahoo.com. Aplikasi ini juga merupakan inovasi Imigrasi Ngurah Rai dalam melayani masyarakat Indonesia maupun orang asing di Bali.

“Peluncuran Apilikasi APITO merupakan wujud nyata Kantor Imigrasi Ngurah Rai menghadirkan beragam inovasi demi memberikan pelayanan terbaik bagi publik,” pungkasnya. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya