oleh

Cegah Banjir, Pemkot Denpasar Bersihkan Sungai dan Drainase

Denpasar, Lintasnusanews.com – Jelang musim hujann Pemerintah Kota Denpasar bersihkan sampah di sejumlah sungai dan drainase di wilayah Denpasar. Kegiatan yang digelar sepekan terakhir ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir, karena sering air meluap ke rumah warga ketika curah hujan tinggi.

Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kota Denpasar I Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta mengatakan, pihaknya mengerahkan Pasukan Biru Prokasih untuk membersihkan sungai dan saluran air. Menurutnya, sejumlah sungai dan saluran air sering mengakibatkan banjir karena adanya sedimentasi sampah atau benda lainya di sungai.

“Pembersihan ini lebih kepada upaya untuk mengembalikan fungsi sungai dan saluran air yang sebenarnya. Hal ini dilaksanakan secara rutin sehingga saat debit air meningkat, tidak meluap atau sampai menimbulkan genangan di titik tertentu,” ujar Kadis, Senin (19/10/2020).

Jimmy mengatakan, umumnya kondisi sungai di Kota Denpasar telah tertata dengan baik. Namun bila intensitas hujan tinggi terjadi peningkatan volume air di sejumlah titik, sehingga petugas dikerahkan bersihkan sungai dan drainase.

Jimmy mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan sungai dan saluran air lainya. Agar tidak terjadi tumpukan sampah yang bisa menyebabkan volume air meningkat.

“Selain menyebabkan air meluap, juga berkurangnya daya tampung sungai. Sampah akan bergerak menuju muara. Ini akan mengotori pantai. Jadi masyarakat dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di sungai atau saluran air.” pungkasnya. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya