oleh

1000 Relawan Covid19 Bali Diminta Edukasi 3M ke Masyarakat

Denpasar, Lintasnusanews.com – Seribu relawan Covid19 Provinsi Bali diminta segera melakukan edukasi protokol kesehatan (prokes) 3M ke masyarakat yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sosial. Para relawan ini dilatih Satgas Covid19 Bali untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

“1.000 orang ini saya minta langsung turun mengedukasi. Mempengaruhi dan meyakinkan masyarakat agar mereka mamatuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak. Karena saat ini hanya itu satu-satunya cara mengendalikan penyebaran Covid-19,” ungkap Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra saat menutup acara pelatihan relawan, Jumat (13/11/2020).

Dewa Indra mengatakan, keberhasilan sebuah pelatihan tak semata diukur dari jumlah peserta, durasi, materi dan sertifikat yang dibagikan kepada para peserta. Relawan yang telah mengikuti pelatihan menjadi bagian penting dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid19 di Bali.

Dewa Indra berjanji akan memantau efektifitas hasil pelatihan 1.000 relawan. Bila penyebaran Covid19 dapat dikendalikan, itu menandakan 1.000 relawan telah bekerja dan menerapkan apa yang mereka peroleh selama pelatihan.

Dewa Indra mengapresiasi dan berterima kasih kepada warga yang terpanggil menjadi relawan. Para relawan diharapkan tidak mengeluh dan tetap semangat.

“Makin sulit tugas yang diemban dan yang bersangkutan bisa menyelesaikan dengan baik, maka bobot dan kualitas kerelawanannya akan makin tinggi,” ujarnya.

Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada satgas pusat yang memberi perhatian pada Bali dalam bentuk pelatihan relawan. Dia menyebut, keberadaan relawan adalah wujud nyata semangat kebersamaan dalam penanganan Covid19.

“Penanganan Covid-19 tak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, perlu kekuatan lain yaitu masyarakat sehingga kita bisa mengaplikasikan konsep pentahelix,” pungkasnya.

Penulis/Editor: Ambros Boli Berani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya