oleh

Lestarikan Potensi Maritim, Danlantamal Kupang Tebar 10.000 Bibit Kerapu di Pulau Kojadoi

Maumere, Lintasnusanews.com – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Kupang, Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa bersama pasukannya menebarkan 10.000 bibit Ikan Kerapi di Pulau Kojadoi Kabupaten Sikka NTT. Gerakan ini merupakan pelestarian potensi Maritim dan mengedukasi masyarakat tetap produktif ditengah pandemi Covid19.

“Potensi maritim di Kabupaten Sikka sangat luar biasa. Karena itu harus dijaga dan terus dilestarikan. Agar dapat membantu pemenuhan pangan ditengah pandemi covid 19 saat ini,” ungkap Kompiang, Sabtu (21/11/2020).

Dalam kunjungan kerjanya, Danlantamal disambut warga Desa Kojadoi Kecamatan Alok dengan tarian adat masyarakat setempat. Kompiang mengapresiasi potensi adat dan budaya yang masih terus terawat hingga saat ini oleh muda-mudi setempat.

Kompiang menjelaskan, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Maumere tidak terlepas dari dukungan personel, fasilitas sarana dan prasaran yang dimiliki. Namun ia meminta dukungan masyarakat dalam pelaksanaan tugas personil di wilayah Flores ini.

Menurut Kompiang mengatakan, kehadiran Babinpotmar di setiap desa binaan Lanal Maumere, memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih produktif memanfaatkan potensi maritim. Karena itu, Kompiang berharap masyarakat nelayan tidak ada lagi yang tertangkap melewati batas negara Australia.

Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak menangkap ikan dengan menggunakan alat yang tidak ramah lingkungan dan merusak biota laut.

“Masyarakat nelayan dapat memanfaatkan potensi maritim yang ada. Karena itu, masyarakat nelayan tidak lagi tertangkap lantaran melewati batas negara  Australia. Jangan menggunakan alat tangkap yang tidak ramah linkungan. Karena hanya akan merusak biota laut,” harapnya.

Kompang mengaku, sebagai desa binaan Lanal Maumere, Desa Kojadoi merupakan pilot project untuk penebaran bibit Ikan Kerapu.  Penebaran bibit ini merupakan bagian dari langkah untuk mendukung program pemerintah saat pandemi Covid19.

“Pandemi Covid19 hingga kini  belum tahu kapan akan berakhir. Dan sangat berdampak pada kehidupan sosial, ekonomi masyarakat khususnya masyarakat pesisir,” ujarnya.

Danlantamal Kupang Instruksikan Jajarannya Bangun Kampung Bahari di Kawasan Pesisir

Danlantamal Kupang menginstruksikan jajarannya untuk membuat kampung-kampung bahari yang dapat digunakan sebagai pilot project yang sama agar jadi kampung bahari. Langkah ini untuk ketahanan pangan bagi masyarakat pesisir khususnya dan ketahanan pangan nasional umumnya.

“Menindaklanjuti instruksi pimpinan, untuk membuat kampung-kampung bahari sebagai pilot project. Untuk ketahanan pangan masyarakat pesisir khususnya dan ketahanan pangan nasional umumnya,” kata Kompiang.

Lanjutnya “Di wilayah Danlantamal VII, akan terus mengembangkan kampung bahari. Khususnya diwilayah pesisir, agar bisa menopang ketahanan pangan masyarakat pesisir.”ujar Aribawa.

Selain penebaran bibit kerapu, Danlantamal juga meresmikan Talud atau penahan gelombang dan Gapura di depan Kantor Lanal Maumere.  Lanal Maumere merupakan pangkalan angkatan laut tipe B yang berada dibawah jajaran Lanatamal VII.

Kompiang mengingatkanpersonil  Lanal Maumere agar menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur Komando Armada II dan unsur-unsur TNI AL. Selain itu, pemberdayaan wilayah pertahanan laut, menyelenggarakan operasi taman laut terbatas, dan sejumlah tugas lainnya.

“Saya bersyukur karena hari ini dapat menghadiri acara persemian Talud dan Gapura di Pangkalan Angkatan laut Maumere,” ungkapnya.

Sementara Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo mengatakan, Desa Koja Doi mempunyai banyak potensi maritim. Namun belum maksimal tergali seperti sektor pariwisata, perikanan, dan rumput laut. Karena itu bupati mengharapkan dukungan dan kerjasama personil Lanal Maumere.

“Kami mengharapkan kerja sama yang lebih hebat lagi bersama TNI AL untuk membina desa-desa pesisir,” kata Bupati.

Hadir dalam kunjungan kerjanya, Danlantamal Kupang didampingi Ketua Jalasenastri Korcab VII DJA II, Ketut Suwerni Kompiang. Selain itu Danlanal Maumere, Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto dan puluhan personil Lanal Maumere. (rel/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya