oleh

Ada yang Menarik di Pilkada Denpasar, Semua Petugas KPPS Perempuan

Denpasar, Lintasnusanews.com – Tempat pemungutan suara (TPS) Banjar Kerta Sari Kelurahan Panjer Denpasar menarik perhatian publik, semua petugas KPPS kaum perempuan. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi kesetaraan gender dalam pelaksanaan pilkada.

“Bertepatan dengan bulan Desember merupakan bulan perjuangan perempuan, dimana pada 22 Desember kita akan merayakan Hari Ibu. Ditarik dari sejarah di tanggal 22 Desember 1928 digelarnya kongres perempuan pertama yang menghasilkan pemikiran dan inovasi bagi kaum perempuan di Indonesia. Kita kembalikan momen Hari Ibu sebagai momentum perjuangan kaum perempuan yang diharapkan akan menginspirasi generasi muda,” ujar Bintang Puspayoga.

Menurutnya, mengandalkan wanita menjadi petugas KPPS di Bali ini dinilai pertama kalinya di Indonesia. Karena itu, istri mantan Walikota Denpasar ini berharap kaum perempuan Indonesia harus bisa bersaing dengan kaum pria dalam segala bidang.

“Terus dipupuk semangat untuk memberikan kesempatan setara bagi perempuan di Kota Denpasar. Keterlibatan kaum perempuan sebagai petugas KPPS ini adalah yang pertama di Indonesia. Semoga saja bisa menginspirasi daerah lain untuk memberi kan kesempatan lebih kepada kaum perempuan,” kata Bintang.

Bintang berpesan, model KPPS perempuan ini menjadi inspirasi bagi kaum perempuan daerah lain di Indonesia

Saya berpesan kesempatan ini jangan disia-siakan. Tunjukkan saat perempuan diberi kesempatan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Pastikan juga proses pemilihan kepala daerah tetap memperhatikan protokol kesehatan agar menghindari terjadinya klaster pemilu,” ujarnya.

Sementara Kelian Banjar Adat Kerta Sari, I Gede Sulusi mengaku, petugas KPPS perempuan ini menunjukkan kaum perempuan di Kota Denpasar juga punya kemampuan dalam mengawal pesta demokrasi.

“Kita ingin buktikan keterlibatan dari biasanya hanya sekitar 30 persen keterlibatan perempuan dalam pemilu. Saat ini lebih banyak di TPS 17 ini dengan melibatkan keseluruhan perempuan yaitu 7 orang KPPS, 2 orang linmas, 2 orang saksi masing- masing paslon, 1 orang pengawas TPS dan 1 orang Polwan” ungkapnya.

Dua pasangan calon yang bertarung di Pilkada Kota Denpasar masing-masing; Pasangan I Gusti Ngurah Jaya Negara – I Kadek Agus Arya Wibawa sebagai paslon nomor urut satu diusung PDI Perjuangan, Gerindra, PSI, dan Hanura. Sementara paslon nomor urut dua, Gede Ngurah Ambara Putra – Made Bagus Kertanegara yang diusung oleh partai Golkar, Demokrat, dan Nasdem. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 comments

    1. paslon 1: I Gusti Ngurah Jaya Negara – I Kadek Agus Arya Wibawa diusung PDI Perjuangan, Gerindra, PSI, dan Hanura. paslon nomor2: Gede Ngurah Ambara Putra – Made Bagus Kertanegara yang diusung oleh partai Golkar, Demokrat, dan Nasdem.

    1. paslon nomor 1 I Gusti Ngurah Jaya Negara – I Kadek Agus Arya Wibawa diusung PDI Perjuangan, Gerindra, PSI, dan Hanura. paslon nomor urut dua, Gede Ngurah Ambara Putra – Made Bagus Kertanegara yang diusung oleh partai Golkar, Demokrat, dan Nasdem.

Berita Lainnya