oleh

Bupati Sikka Kunjungi Sembilan Titik Lokasi Bencana Di Kecamatan Lela

Maumere, Lintasnusanews.com –  Bupati Sikka NTT, Fransiskus Roberto Diogo mengunjungi sembilan titik lokasi bencana di Kecamatan Lela Kamis (04/02/2021). Bupati berjanji akan membangun ruas jalan baru yang lokasinya jauh dari pantai, untuk menghindari abrasi.

“Dengan kondisi ruas jalan yang putus total akibat diterjang gelombang pasang ini, maka harus dibuka ruas jalan baru yang jauh dari pantai. Ruas jalan baru akan dikerjakan tahun 2021 ini,” ungkap Bupati Sikka.

Sembilan titik lokasi itu masing-masing, turap abrasi yang putus diterjang gelombang pasang, lima unit rumah warga yang diterjang angin putinng beliung, Dermaga tambatan perahu. Selain itu, ruas jalan Hepang-Lela yang nyaris putus akibat longsor. Serta satu unit rumah warga yang ditimpa pohon saat angin kencang.

Saat mengunjungi turap penahan abrasi dan ruas jalan Bangboler, terlihat tembok penahan gelombang putus total. Putusnya tembok pengaman itu, menyebablan ruas jalan putus, sehingga rumah warga sekitar yang berada ditepi pantai terancam.

Sementara lima rumah warga yang berada di Kampung Sikka yang rusak parah diterjang angin puting beliung, langsung diberikan bantuan petugas Tagana. Sekaligus memperbaiki rumah warga yang rusak.

Selanjutnya dermaga tambatan perahu yang hancur diterjang gelombang di Desa Sikka, instansi teknik menurunkan alat berat untuk membenahi dermaga.

“Selain memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak diterjang angin, pemerntah juga akan menurunkan alat berat. Untuk membenahi dermaga tambatan perahu yang rusak berat akbat diterjang gelombang pasang,” ujar Bupati.

Saat perjalanan pulang, Bupati Sikka juga meninjau lokasi bencana ruas jalan Hepang – Lela yang nyaris putus akibat longsor. Selanjutnya bupati meminta dinas terkait menanggulangi dengan bronjong sertas membenahi drainase.

“Untuk ruas jalan yang nyaris putus akibat longsor ini, maka segera dipasang bronjong dan rabat, sementara drainase juga harus dibenahi secepatnya.”ungkap Robi. (rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya