oleh

10 Staf Humas Pemkot Denpasar Ikut Pelatihan Jurnalistik SMSI Bali

Denpasar, Lintasnusanews.com – Staf Humas dan Protokol Pemerintah Kota Denpasar Bali mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar SMSI Bali Senin (22/02/2020). Pelatihan yang digelar kerjasama SMSI dan Bagian Humas ini, untuk meningkatkan kualitas SDM staf humas dalam memproduksi berita release berita.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM. Sehingga berita yang dirilis dapat memenuhi etika jurnalistik. Serta informasi yang diberitakan jelas diterima masyarakat dengan baik,” ungkap Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai.

Dewa Rai menjelaskan, peserta pelatihan dibatasi karena pandemi Covid19 sehingga harus menaati protokol kesehatan. Selain itu, untuk mendukung efektifitas dan produktifitas pelaksanaan workshop.

“Untuk mendukung efektifitas dan produktifitas pelaksanaan workshop dan pelatihan ini maka peserta kami batasi. Kami tidak melibatkan OPD. Melainkan kesempatan pertama ini kami berikan kepada staf humas,” ujarnya.

Menurut Dewa Rai, materi yang diterima para peserta seputar kiat penulisan berita, teknik wawancara dan pemilihan angel berita.

“Peserta juga diberikan kiat-kiat penulisan berita, mulai dari lead, kutipan, tata cara wawancara, pemilihan angel hingga pemilihan kata,” imbuhnya

Dewa Rai mengaku akan melaksanakan evaluasi dan penilaian hingga beberapa hari ke depan, setelah mendapat materi dari 3 narasumber SMSI Bali. Tiga narasumber masing-masing, Ketua SMSI Bali, Emanuel Dewata Oja, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Dewa Suta Sastradinata dan Wakil Ketua Bidang Hubungan antar Lembaga, Joko Purnomo.

“Jadi kami berharap dari pelatihan ini memang tidak bisa mengubah pola tulisan sebagai seorang humas. Humas pemerintah sangat identik dengan visi misi pemerintah. Namun pelaksanaan pelatihan ini, minimal staf humas mengetahui cara penulisan yang benar sesuai kaidan jurnalistik. Dan itu (produktifitas) akan kita laksanakan penilaian berkala,” ujarnya.

Pelatihan Jurnalistik SMSI Bali Diharapkan Jadi Contoh Kabupaten Lain

Sementara Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali, Emanuel Dewata Oja mengatakan, kegiataan yang merupakan kerja samau antara SMSI Bali dengan Humas Kota Denpasaar. Dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan kemampuan staf Humas Kota Denpasar dalam Menulis berita.

Menurutnya, pelatihan jurnalistik oleh SMSI Bali ini dilakukan terkait peringatan Hari Pers Nasional 2021 yang jatuh setiap 9 Februari lalu. Kerjasama ini merupakan hasil koordinasi karena Humas Pemkot Denpasar sering mengirim press release ke media.

“Pelatihan ini lebih menekankan kepada nilai junalistik pada saat membuat berita lepas. Dimana kami menginginkan release sudah 80 persen menjadi press clear saat di kirim ke media. Agar teman-teman di media lebih gampang mengolah berita jurnalistik yang dikirimkan. tentunya sesuai dengan pakem yang sudah ada,” jelasnya.

Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar menggelar Workshop Pelatihan Jurnalistik di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar pada Senin (22/2). Kegiatan yang dilaksanakan bersama Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali ini turut menghadirkan tiga narasumber utama. Yakni Ketua SMSI Provinsi Bali, Emanuel Dewata Oja, Wakil Ketua Bidang Organisasi SMSI Provinsi Bali, Dewa Suta Sastradinata dan Wakil Ketua Bidang Hubungan antar Lembaga SMSI Provinsi Bali, Joko Purnomo. (boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya