oleh

Gubernur Bali Dukung Program Semarak Desa Budaya Kerthi SMSI Bali

Denpasar, Lintasnusanews.com – Gubernur Bali I Wayan Koster mendukung program unggulan Serikan Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali, dalam pengembangan desa budaya di Bali. Apresiasi ini disampaikan gubernur dalam audiens dengan pengurus SMSI Bali di Rumah Jabatan Gubenur Jaya Sabha, Selasa (28/12/2021).

Program Semarak Desa Budaya Kerthi 2022 ini akan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan melibatkan 47 media anggota SMSI Bali. Organisasi yang menaungi media online dengan jumlah anggota terbanyak di Bali ini juga akan melakukan ekspedisi jurnalistik ke 3 desa budaya pada Februari 2022 mendatang.

Saat menerima pengurus SMSI Bali, Gubernur didampingi Plt. Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfos) Provinsi Bali, Gede Pramana. Selain itu hadir dari SMSI Bali, lima orang pengurus SMSI Bali yang dipimpin Emanuel Dewata Oja, alias Edo.

Menurut Gubernur, program yang dicanangkan ini sejalan dengan visi misi pembangunan Bali, Nangun Sat kerthi Loka Bali.

“Saya support penuh. Nanti secara teknis, program ini agar dikoordinasikan dengan Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan Dinas Kominfos Provinsi Bali. Kita sudah punya buku pedoman Desa budaya. Itu buku tentang judulnya ‘Pedoman Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera.’ Minta saja nanti sama Kadis Pariwisata atau Kadis Kominfos,” ujar Gubernur.

Gubernur juga akan memfasilitas penyelenggaraan salah satu sub program Semarak Desa Budaya Kerthi SMSI Bali 2022, yaitu Focus Group Discusion (FGD). Diskusi yang bertajuk ‘Bincang Gemilang Desa Budaya Kerthi SMSI Bali 2022 ini akan melibatkan 250 pelaku desa budaya seluruh Bali.

“Saya siap membantu dan siap hadir. Dan saya siap jadi naras umber tentang Desa Kerthi Bali Sejahtera,” ujar Gubernur.

Gubernur Bali juga memberikan masukan terkait unsur budaya yang menjadi prioritas program Pemprov Bali.

“Saya sedang menyusun regulasi untuk mengganti frasa Desa Wisata menjadi Desa Budaya. Pedomannya sudah dibuatkan,” tambah Gubernur Koster.

SMSI Bali Apresiasi Dukungan Gubernur

Ketua SMSI Bali, Emanuel Dewata Oja menjelaskan, program pendayagunaan Desa wisata dengan pemanfaatan teknologi digital. Menurutnya, SMSI Bali juga mengakomodir sejumlah masukan gubernur dalam rangka memaksimalkan sasaran program unggulan ini.

Menanggapi masukan Gubernur Koster, pria yang akrab disapa Edo ini mengaku, program desa wisata diganti dengan desa budaya. Namun menurutnya, pergantian ini tidak mengubah substansi program dan sasaran.

“Jika demikian, maka kami akan mengubah substansi program dengan nama ‘Semarak Desa Budaya Kerthi SMSI Bali 2022,” ujar Edo.

Edo menambahkan, kick off Semarak Desa Budaya Kerthi SMSI Bali 2022 tersebut akan dilakukan awal Januari 2022. (boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya