oleh

Pengarakan Ogoh-ogoh Hari Raya Nyepi 2022 Wajib Terapkan Prokes

Denpasar, Lintasnusanews.com – Pawai Ogoh-ogoh saat perayaan Nyepi tahun 2022 pada bulan Maret mendatang, wajib terapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid19. Keputusan ini merupakan hasil rapat koordinasi (rakor) Pemerintah Kota Denpasar dengan pemangku kepentingan adat di ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar, Kamis (06/01/2022).

“Pelaksanaan pembuatan Ogoh-ogoh di masing-masing Banjar Adat di Kota Denpasar agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Nantinya lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaan pembuatan dan Ogoh-ogoh ditetapkan dengan keputusan bersama Majelis Madya Desa Adat dan Sabha Upadesa Kota Denpasar,” ungkap Bendesa Madya MDA Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana, Kamis (06/01/2022).

Rapat yang dipimpin Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali Nomor : 009/SE/MDAProv-Bali/XII/2021. Selain itu, Penegasan surat Gubernur Bali Nomor : B19.430/287/Kes/Disbud tentang Pembuatan dan Pawai Ogoh-ogoh serangkaian Hari Suci Nyepi Warsa Caka 1944.

Sudiana menjelaskan, secara umum kesepakatan bersama Nomor : 466/026/ DISBUD ini juga merupakan upaya menjaga dan memelihara ketentraman serta ketertiban umum.

Sejumlah point yang menjadi keputusan bersama juga termuat pelaksanaan Upacara Melasti dan Upacara Tawur Kesanga (Pengerupukan). Bandesa Adat di masing-masing wilayah bertanggungjawab mengawasi jalannya rangkaian Hari Raya Nyepi pada 3 Meret 2022 mendatang.

Selain itu, pembuatan Ogoh-ogoh dalam kegiatan Tawur Kesanga pada Rangkaian Hari Suci Nyepi Warsa Caka 1944 tahun 2022 dapat disesuaikan dengan kondisi perkembangan kasus positif Covid19. Sementara penilaian Ogoh-ogoh, dikemas dengan konsep penilaian yang dilakukan di Banjar Adat setempat.

Selanjutnya jika perkembangan kasus Covid19 di Kota Denpasar mengalami lonjakan, maka pelaksanaan lomba dan pawai Ogoh-ogoh akan dijadwalkan kembali. (rls/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya