oleh

Warga Magepanda Sikka Bobol Jaringan Pipa Air Bersih

Maumere,LNN – Krisis air bersih yang melanda wilayah Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, NTT, membuat warga Desa Persiapa Legu Woda membobol jaringan pipa aior bersih yang melintasi halaman rumah warga.

“Kami terpaksa membobol jaringan pipa karena kesulitan air bersih,. apalagi saat ini musim kemarau.  Air bersih yang kami dapat dari pembobolan ini kami gunakan hanya untuk masak dan minum,” ujar Serfiana, salah seorang warga.

Pantauan lintasnusanews.com Minggu (14/07/2019) petang, warga membuat lubang pada jaringan pipa yang ada. Mereka memasang selang berukuran kecil agar air bisa mengalir.

Serfina mengaku, sebelum adanya jaringan pipa air bersih yang melintas di desa, mereka menggunakan sumber air dari bantaran kali yang tidak layak dikonsumsi.

“Sebelum ada pipa yang lewat di sini, kami ambil air dari kali dekat desa ini dan itu tidak layak” ungkap Serfina.

Karena debit ar yang keluar terbatas, sehingga warga rela antri hingga berjam-jam untuk mendapatkan air bersih yang dijatahi lima jerigen per kepala keluarga.

Serfiana berharap, Pemerintah Kabupaten Sikka, membangun bak penampung di pemukiman warga, sehingga warga pun bisa menikmati air dengan tidak merusak jaringan pipa yang ada.

Sementara itu berdasarkan data hasil analisis BMKG, Kabupaten Sikka merupakan salah satu dari enam kabupaten di NTT yang terindentifikasi mengalami potensi kekeringan selama musim kemarau tahun 2019. (Refiani)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya