oleh

Waspada DBD!!! Pasien di Flores Timur NTT Meningkat Awal Tahun 2022

Larantuka, Lintasnusanews.com – Pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) pada bulan Januari 2022 di Kabupaten Flores Timur (Flotim) NTT mengalami peningkatan. Dinas Kesehatan Flores Timur mencatat, hingga Rabu (12/01/2022) sebanyak 12 kasus DBD tersebar di 5 kecamatan sejak awal Januari.

“Awal bulan Januari 2022 ini ada kasus terkait DBD. Tersebar di Kecamatan Larantuka ada 5 kasus, di Adonara Timur 5 kasus, Ile Boleng 2 kasus, Ile Mandiri satu kasus, dan Lewolema 1 kasus. Sehingga di Flotim saat ini 12 kasus,” ungkap Kadis Kesehatan Flotim, dr. Ogie Silimalar Rabu (12/01/2022).

Menurut dr. Ogie, kasus DBD meningkat jika dibanding tahun lalu yang hanya tercatat 16 kasus dan dua orang diantaranya meninggal dunia.

Dinas Kesehatan berupaya mengantisipasi gejala DBD seiring dengan adanya perubahan cuaca. Petugas terus menyemprotkan gas fogging dan mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan di rumah maupun lingkungan sekitar.

“Kami juga sudah melakukan fogging. Pada januari ini sudah dua kecamatan yaitu, Kecamatan Ile Boleng dan Kecamatan Larantuka yang kami kunjungi untuk melakukan fogging. Dan akan terus dilakukan di desa-desa dan kelurahan,” katanya.

Dokter Ogie mengaku, stok obat abate dan obat fogging yang tersedia di Gudang Dinkes maupun di Puskesmas masih mencukupi kebutuhan tahun ini.

Sementara Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Larantuka, dr. Sanny mengatakan, saat ini ada 5 orang pasien dirawat di rumah sakit.

“Yang masih dirawat di ruangan cempaka dua orang dan di ruangan anggrek itu ada tiga orang,” kata dr. Sanny. (pkl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya