oleh

Hidup Memprihatinkan, Wagub Maluku Janji Bantu Pengrajin Batako

Ambon, LNN – Setelah mengalami patah kaki, kehidupan keluarga Janes Michael (37), seorang perajin batako warga Kampung Air Besar, Desa Passo, Kecamatan Baguala, Ambon, Maluku, semakin memprihatinkan.

Janes bersama istrinya Jacklyn Yacob (30), bertahan hidup bersama empat anaknya di bawah gubuk reot berukuran 3 x 2,5 meter, dengan menumpang lahan keluarga.

Janes yang sebelumnya bekerja pada perusahaan PT. Gema Hutan Lestari, Kabupaten Buru itu, terpaksa berhenti karena baru setahun menjadi karyawan, mengalami kecelakaan berat. Kecelakaan itu dialami Janes saat menebang pohon, yang menyebabkan kakinya patah dan mengalami gangguan pada tulang belakang.

Kondisi keluarga Janes yang viral di media sosial wilayah Maluku, menarik perhatian Pemda Maluku. Wakil Gubernur Maluku, Barbanas Orno, yang mengetahui kehidupan keluarga yang diketagorikan miskin ini pun mengajak; Kepala Dinas Sosial Maluku, Sartono Pining; Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Mimi Hudjajanti; Kepala Biro Humas dan Protokol setda Maluku Muhammad Januaries, mengunjungi rmah Janes.

Dengan menempuh jalanan yang becek, Wagub bersama rombongan menyusuri jalan Kampung Air Besar, hingga tiba di rumah pengrajin batako, Senin (15/07/2019) siang. Mantan Bupati Maluku Barat Daya itu, untuk melihat secara langsung kehidupan keluarga Janes, yang tinggal dibawah atap bocor, dan ditutupi terpal berwarna biru, dengan dinding pelepah sagu dan papan.

Wagub mengajak ngobrol keluarga Janes untuk mengetahui kepemilikan rumah dengan kondisi memprihatinkan dan keadaan keempat anak Janes.

Wakil Gubernur berjanji akan membantu pendidikan anak Janes, Aprilia Michael, yang saat ini putus sekolah dari Kelas 2 SD Teologi Kristen, Desa Suli, Kecamatan Salahutu karena ketiadaan biaya. Apalagi, Janes harus mengobati sang istri yang mengidap gejala penyakit ginjal.

“Dari kerja batako, jika penjualan lancar, pendapatan juga lancar,” ujar Wagub.

Wagub memberikan bantuan uang sebesar Rp. 5 juta, untuk memenuhi kebutuhan Janes dan Keluarga. Namun Wagub meminta ketua RT setempat untuk menfasilitasi penyediaan lahan, untuk dibangun rumah yang layak huni dan menyediakan akses listrik ke rumah Janes nantinya. (Erfan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya