oleh

Pemerintah Indonesia Optimistis Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi 5,2 Persen di Tahun 2022

Jakarta, Lintasnusanews.com – Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2022 mencapai 5,2 persen pada tahun 2022. Laporan Global Economic Prospect menyebutkan, pertumbuhan ekonomi tersebut didukung oleh permintaan yang kuat dari dalam negeri dan kenaikan harga komoditas.

“Pemerintah optimistis bisa mewujudkannya. Kunci utama tetap di pengendalian Covid19 ,” ungkap Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Edy Priyono di Gedung Bina Graha Jakarta, Senin (17/01/2022).

Menurutnya, sejauh ini pengendalian Covid19 sudah berjalan dengan sangat bagus. Baik dari sisi kasusnya, hospitalisasi, maupun angkan kematian.

“Ini yang harus dipertahankan dan tetap waspada. Termasuk di dalamnya pelaksanaan vaksinasi, testing, tracing dan treatment. Serta mendorong perilaku masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan,” tutur Edy.

Strategi lain kata Edi, pemerintah akan terus melanjutkan program perlindungan sosial. melalui bantuan sosial maupun stimulus atau insentif, seperti subsidi bunga, penjaminan kredit, dan insentif pajak.

“Langkah ini untuk menjaga daya beli masyarakat dan mempercepat pemulihan kegiatan berusaha,” katanya.

Edy menambahkan, implementasi UU Cipta Kerja agar iklim investasi kondusif dan semakin meningkat merupakan hal yang tak kalah pentingnya. Dengan demikian, akan menjadi motor pertumbuhan ekonomi Indonesia dan berdampak pada penciptaan lapangan kerja.

“Pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan atau daya beli masyarakat juga. Stabilitas ekonomi makro khususnya inflasi juga menjadi perhatian pemerintah. Karena itu sinergi pemerintah dengan otoritas moneter yakni BI, harus lebih baik,” pungkasnya. (rls/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya