oleh

KPU Sikka NTT: Hari Pemungutan Suara Pemilu 14 Februari 2024

Maumere, Lintasnusanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sikka NTT meluncurkan Hari Pemungutan Suara (HPS) pemilu 2024 secara virtual Senin (14/2/2022). Kegiatan ini diselenggarakan KPU RI yang diikuti  secara daring oleh 34 KPU Propinsi dan 514 KPU kabupaten/kota se-Indonesia.

Juru bicara KPU Sikka, Herimanto menjelaskan, kegiatan ini disiarkan melalui zoom meeting dan live streamming di channel Youtube KPU RI. Acara ditandai dengan pencoblosan surat suara secara simbolis oleh Ketua KPU RI, Ilham Saputra bersama 6 komisioner lainnya.

Ketua KPU RI dalam sambutannya kata Hermanto, saat ini KPU RI terus menyiapkan berbagai regulasi untuk menyiapkaan SDM dan menyediakan infrastruktur. Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 perlu ada dukungan dari pemerintah, DP, Partai dan stakeholder lainnya.

“Tentu kami tidak akan bisa menyelenggarakan Pemilu Tahun 2024 tanpa dukungan dari Pemerintah, DPR, Partai Politik dan stakeholder Pemilu lainnya,” tutur Manto meniru ucapan Ketua KPU RI.

Hal senada disampaikan Ketua KPUD Sikka Yohanes Krisostomus Feri. Menurut Feri, HPS sudah ditetapkan dengan Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022 , tanggal 14 Februari 2024.

“Pembahasan hari “H” Pemilu 2024 berlangsung cukup lama. KPU dan pemerintah sempat berbeda pendapat soal ini. Hampir 9 bulan baru mencapai kata sepakat. Padahal sudah jelas diatur dalam UU No. 7 Tahun 2017. Pasal 167 ayat (2) menyebutkan, hari, tanggal, dan waktu pemungutan suara Pemilu ditetapkan dengan Keputusan KPU,” papar Feri.

Hadir secara virtual dari aula KPU Sikka, Ketua DPRD Sikka Donatus David, Ketua DPC PAN Sikka Philip Fransiskus dan Sekretaris Partai Golkar Sikka Yohanes Parera. Selain itu, Sekretaris DPC Gerindra Sikka Gabriel Arimatea, staf DPC Nasdem Sikka Yanni Making, PSI Sikka Christian Gama Putra dan utusan DPC PPP Sikka Imran. Sementara yang hadair dari Bawaslu Sikka, Aswan Abola dan Florita Djuang. (rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya