oleh

Kantor Staf Presiden: Penyelesaian Isu Tanah IKN Patut Dijadikan Contoh

Jakarta, Lintasnusanews.com – Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan kerja kolaboratif pemerintah, menjamin penyelesaian masalah tanah dan kehutanan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan oleh Deputi II KSP, Abetnego Tarigan dalam rakor bersama kementerian/lembaga terkait di Jakarta.

“Ada harapan yang besar bagi IKN menjadi model penyelesaian permasalahan pertanahan dan kehutanan. Model penyelesaian IKN ini akan menjadi satu pilot yang memenuhi prinsip keadilan dan kepastian hukum,” ungkap Abetnego.

Abetnego memastikan bahwa pemerintah saat ini sedang dalam proses menyelesaikan peraturan dan kebijakan dibawah UU IKN. Kebijakan turunan UU IKN yang mencakup enam rancangan peraturan ini ditargetkan rampung pada 15 April 2022.

Dalam prosesnya, pemerintah menjamin pelibatan publik dalam upaya pemetaan, pendataan, dan pencatatan. Terkait permasalahan pertanahan di kawasan IKN.

Hal sendada dingkapkan Dirjen Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan Kementerian ATR/BPN, Embun Sari. Menurutnya, hak individu atau komunal maskayarakat tidak boleh diabaikan karena merupakan hak masyarakat.

“Dalam pengadaan tanah, hak individu atau komunal tidak boleh diambil begitu saja oleh negara untuk pengadaan IKN tanpa ganti rugi yang layak. Intinya, tidak ada sebidang kecil pun tanah masyarakat yang akan pemerintah salah gunakan untuk kepentingan IKN,” kata Sari.

Selanjutnya penanganan indikasi sengketa lahan IKN yang berpotensi menggusur wilayah adat, Pemprov Kalimantan Timur telah menyusun kerangka inventarisasi dan verifikasi. Selain itu, pengelolaan permasalahan pertanahan melalui Pergub No. 6 tahun 2020.

Inventarisasi dan verifikasi klaim sengketa lahan juga dilakukan oleh Kantor Wilayah ATR/BPN dan Kantor Pertanahan.

Pemerintah pusat segera membentuk Satgas Pertanahan IKN yang dikomandoi oleh Kementerian ATR/BPN. Selain itu, penataan kawasan hutan dengan penguasaan masyarakat akan dikelola oleh Satgas Pembangunan IKN dibawah komando KLHK.

Kantor Staf Presiden yang berfungsi mengawal proyek strategis nasional Presiden dan Wakil Presiden, akan terus memberikan dukungan pada K/L terkait. Demi menyukseskan pembangunan Ibukota Negara IKN Nusantara.

Simak Video Titik Nol IKN Nusantara

(rls/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya