oleh

Kodam XVI/Pattimura Kirim Personil Bantu Korban Gempa Maluku Utara

Ambon, LNN – Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Alam, jajaran Kodam XVI/Pattimura Ambon, Maluku, dikirim ke lokasi bencana Propinsi Maluku Utara, untuk membantu korban bencana, Kamis (18/07/2019).

“Hari ini Satgas tersebut di berangkatkan langsung ke sasaran sampai waktu yang tidak ditentukan untuk memberikan bantuan kemanusiaan di daerah yang terdampak bencana”, ungkap Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura, Ambon, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, usai memimpin apel pemberangkatan pasukan di Pelabuhan Kapal Cepat Tulehu, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (19/07/2019).

Baca Juga: Kodam XVI/Pattimura Gelar Operasi Katarak Gratis

Pemberangkatan pasukan ini, dalam rangka dukungan TNI dalam rangka mewujudkan stabilitas sosial masyarakat di wilayah terdampak bencana alam. Sasaran untuk menciptakan rasa aman bagi para pengungsi dan korban di wilayah terdampak bencana alam serta terwujudnya rehabilitasi wilayah pasca bencana alam.

Baca Juga: Kemah Bhakti Pemuda, Wahana Memperkokoh Rasa Cinta Tanah Air

Satgas Penanggulangan Bencana Alam (Satgasgulbencal) diberangkatkan dengan menggunakan Kapal ADRI AD-64 Satgas BKO Kodam XVI/Pattimura dengan tujuan Desa Saketa (Halmahera Selatan), wilayah hukum Kodim 1509/Labuha. Tidak hanya prajurit, Kodam XVI/Pattimura juga mengirim tenaga kesehatan yang terdiri dari 2 orang dokter dan 8 orang perawat medis.

Kapal ADRI AD-64 Satgas BKO Kodam XVI/Pattimura juga membawa alkap, obat-obatan dan logistik penanganan bencana, baik kayu, tenda serbaguna, tenda kesehatan, velbet dan sejumlah perlengkapan penanganan pasca bencana.

Baca Juga: Korban Gempa Maluku: Dua Meninggal, Lebih Dari 2000 Jiwa Mengungsi

Sebelumnya pada Minggu (14/07/2019) lalu, gempa bumi berkekuatan 7,2 Skala Richter mengguncang beberapa wilayah di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Akibat Gempa ini, 2 orang warga dinyatakan meninggal dunia dan lebih dari 2000 warga mengungsi ke wilayah pegunungan karena khawatir terjadinya Tsunami. (Erfan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya