oleh

Tinjau Persiapan Arus Mudik Lebaran 2022, Moeldoko: Jaga Euforia Mudik Masyarakat

Lampung, Lintasnusanews.com – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengapresiasi kesigapan pemerintah daerah, polisi dan para stakeholder terkait dalam mengamankan kondusifitas arus mudik Lebaran 2022. Hal ini disampaikan Moeldoko saat rakor persiapan arus mudik di Pelabuhan Merak – Bakauheni dan Jalan Tol Trans Sumatera Lampung – Palembang.

“Kedatangan saya ke Lampung ini untuk memastikan kesiapan menghadapi situasi mudik 2022. Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang sudah bekerja keras. Kinerja kolaboratif ini sudah sangat bagus,” kata Moeldoko, Rabu (27/04/2022).

Moeldoko mengingatkan semua pihak yang menangani arus mudik harus fleksibel dan responsif di tengah situasi pandemi yang belum berakhir.

“Jangan sampai orang yang euforia jadi jengkel, karena kita tidak mengantisipasi mobilitas orang yang luar biasa. Ini harus jadi atensi kita semua, jaga euforia masyarakat. Pikirkan dengan detail apa yang mungkin terjadi di lapangan dan siapkan solusinya,” pesan Moeldoko.

Sebagai informasi, penyeberangan Merak Banten – Bakauheni Lampung merupakan salah satu jalur mudik padat yang melayani sekitar 3 hingga 5 persen dari total 85 juta pemudik.

Peningkatan tren jumlah penumpang dan kendaraan menuju pelabuhan Bakauheni telah terpantau sejak tanggal 17 April. Awal musim arus mudik Lebaran 2022, rata-rata jumlah pemudik di Pelabuhan Bakauheni mencapai 40,000 hari.

Angka ini meningkat dari jumlah penumpang kapal laut rute Merak – Bakauheni yang normalnya hanya mencapai 12,000 hingga 15,000 per hari.

ASDP melaporkan bahwa setidaknya terdapat 68 Kapal yang beroperasi di jalur penyeberangan Merak – Bakauheni saat ini. Menghadapi arus mudik, kapal berkapasitas 10,000 GRT yang mampu mengangkut hingga 200 mobil pun diperbanyak jumlahnya.

Sementara itu, beberapa permasalahan seperti potensi penumpukan kendaraan di jalan tol telah dimitigasi melalui koordinasi antara pihak Korlantas, BPJT dan pihak terkait lainnya.

Pihak Korlantas dan Polda Lampung juga telah membuka gerai-gerai vaksin Covid19 di 17 pos pelayanan di sepanjang 234 km Jalan Tol Trans Sumatera Lampung-Palembang. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan vaksin booster sebagai persyaratan mudik. (tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya