oleh

Pemerintah Imbau Warga Manfaatkan Hari Terakhir Libur Lebaran untuk Arus Balik

Jakarta, Lintasnusanews.com – Puncak arus balik Lebaran 2022  diprediksi akan terjadi hari Jumat 06 Mei hingga Minggu 08 Mei. Mengantisipasi lonjakan penumpang arus balik, pemerintah telah menyiapkan berbagai skenario manajamen lalu lintas.

“Pemerintah akan selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat. Termasuk mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu – lintas. Untuk mengurai kemacetan,” ungkap Deputi I Kantor Staf Presiden, Febry Calvin Tetelepta, di Jakarta, Jum’at (06/05/2022).

Febry mencontohkan, pengaturan lalu – lintas pada ruas jalan tol akan diberlakukan kebijakan ganjil genap. Selain itu, aturan satu arah (one way) dan larangan truk masuk jalan tol.

“Kebijakan tersebut dinilai sangat efektif mengurai kemacetan saat arus mudik kemarin,” ujarnya.

Baca juga: Bali Diserbu Turis Asing dan Lokal, Angka Kunjungan Mei Mencapai 450 Ribu Wisatawan

Sementara mengantisipasi antrean masuk pelabuhan dari Sumatera ke Jawa, pemerintah telah menyiapkan pelabuhan Panjang di Lampung. Untuk menampung kendaraan logistik dan penumpang menuju pelabuhan Ciwandan, Banten.

Febry  juga menghimbau masyarakat yang balik Lebaran lebih awal atau setelah puncak arus balik untuk menghindari kemacetan.

“Masyarakat bisa mempertimbangkan setelah melakukan silaturahim dengan keluarga. Dimanfaatkan waktu untuk pulang lebih awal. Kalau memang waktu cutinya cukup, bisa pulang setelah tanggal 9 (Mei). Sekali lagi untuk kenyamanan kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu, Korlantas Polri menerapkan rekayasa lalu lintas one way arus balik Lebaran 2022 bisa diperpanjang hingga Minggu (08/05/2022) jika lalu lintas kembali padat. Hal ini diungkapkan Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, dilansir laman resmi Korlantas Polri, Sabtu (07/05/2022).
“Saya perlu ingatkan dan perlu sampaikan, khususnya kepada masyarakat yang mungkin terkena dampak dari penerapan one way ini. Mohon sekali lagi pengertiannya. Kita akan bersama-sama di jalan raya, manfaatkan jalur-jalur yang ada,” katanya.
Firman mengaku, pelaksanaan one way arus balik Lebaran 2022 bisa sampai 24 jam nonstop. Polri mengimbau masyarakat agar tidak nekat masuk ruas tol yang sedang diberlakukan one way arus balik Lebaran 2022. (tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya