oleh

Sistem Pemberitahuan Barang Bawaan Penumpang Diintegrasikan Secara Nasional

Denpasar, Lintasnusanews.com – Kantor Bea Cukai Ngurah Rai Bali mulai menonaktifkan penyampaikan dokumen barang bawaan penumpang dari website E-CD Ngurah Rai ke sistem aplikasi E-CD nasional. Seluruh maskapai penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai Bali diminta beralih demi mendukung Bali bangkit dari pandemi Covid19.

“Website E-CD Bea Cukai Ngurah Rai kami non-aktifkan. Kepada seluruh maskapai diminta beralih ke E-CD Nasional yang dapat diakses di alamat ecd.beacukai.go.id. Kami akan dampingi dan monitoring serta evaluasi kendala-kendala yang dihadapi secara berkala” ungkap Kepala Bea Cukai Ngurah Rai, Mira Puspita Dewi dalam siaran pers, Kamis (06/10/2022).

Kantor Bea Cukai Ngurah Rai mensosialisaksi sistem Electronic Customs Declaration (E-CD) Nasional kepada maskapai internasional. Sosialisasi ini juga sebagai media menyatukan visi guna menghimpun langkah bersama memberikan extra effort untuk Bali.

“Kondisi Bali yang mulai bangkit kembali ini patut kita syukuri. Namun bersyukur saja tidak cukup. Kita perlu melakukan langkah strategis menjamin bangkitnya Bali. Salah satunya penerapan penyampaian dokumen customs declaration secara elektronik. Sosialisasi untuk memberikan penyegaran ketentuan kepabeanan dan cukai atas barang bawaan penumpang. Juga untuk menyepakati langkah bersama terkait implementasi E-CD,” ujar Mira.

Aplikasi E-CD ini juga berlaku pada seluruh bandara internasional di Indonesia yang dapat diakses melalui laman web (web-based) https://ecd.beacukai.go.id/.

Untuk diketahui, setiap penumpang internasional yang tiba di Indonesia wajib mengisi Customs Declaration. E-CD juga merupakan pemberitahuan pabean atas barang impor yang dibawa oleh penumpang atas awak sarana pengangkut. (tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya