oleh

Jelang Nataru, Dinas Perindag Bali Sidak Harga Pasar

Klungkung, Lintasnusanews.com – Jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar di Klungkung, Rabu (13/12/2023). Sidak ini untuk melindungi konsumen dalam mengkonsumsi barang dan mengantisipasi peredaran barang yang tidak sesuai ketentuan.

“Pengawasan terhadap produk yang beredar di pasaran. Sasaran pengawasan yang kami lakukan terutama pada label produk. Karena pada label tersebut memuat informasi semua produk seperti nama produk, nama dan alamat produsen, komposisi bahan, tempat dan tanggal produksi hingga masa kadaluarsa produk. Kami juga melakukan pengawasan terkait kemasan dari produk tersebut supaya tidak ada yang cacat,” jelas Kabid Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Disperindag Bali, Paramita Adnyana.

Menurutnya, kegiatan sidak pasar di Bali ini sesuai dengan UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan. Selain itu, Peraturan Menteri Perdagangan No. 69 tahun 2018 tentang Pengawasan Barang Beredar dan Jasa. Serta Permendag No. 36 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pengawasan Kegiatan Perdagangan.

“Dari hasil pengawasan di pasar, baik di pasar tradisional maupun modern. Tidak ada ditemukan adanya pelanggaran peredaran produk dari masa kadaluarsa maupun dari kemasannya. Terutama produk yang dikemas dalam bentuk parsel maupun di rak-rak pajangan toko,” ujarnya.

Sidak pasar di Kabupaten Klungkung kali ini menyasar Pasar tradisional Galiran, Toko modern Clandys, serta Toko Sembako “UD Varia”. Tim memeriksa produk-produk yang dipajang dan dikemas dalam bentuk parcel hari raya. (boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya