oleh

Tingkatkan Transaksi, JNE Berkolaborasi dengan Sejumlah Marketplace

Jakarta, LNN – Transaksi elektronik melalui media internet atau biasa dikenal e-comerce mendominasi pengiriman jasa kurir Jalur Ekakurir Nugraha (JNE). Menyadari pertumbuhan e-comerce dewasa ini, JNE bekerjasama dengan online marketplace terkemuka di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, 
Blibli, Bukapalak, Elevania, Zalora, dan sejenisnya.

“Di era digital, kolaborasi dan sinergi adalah strategi yang tepat dalam menghadapi berbagai tantangan. Oleh karena itu, JNE menjalin kerjasama dengan beragam online marketplace terkemuka, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Yukbisnis, dan yang lainnya,” ungkap Head of Marketing Communicatin Division, Doedi Hadji Sapoetra, melalui surat elektroniknya, Selasa (17/09/2019) petang.

Baca juga: Inovasi Layanan JNE Dukung Gaya Hidup di Era Digital

Jumlah pengiriman e-commerce mendominasi pengiriman JNE saat ini. Terhitung sekitar 60% – 70% 
pengiriman JNE berasal dari pengiriman e-commerce.

Prosentase peningkatan pengiriman barang melalui JNE pada tahun 2019 pun didominasi oleh produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) jika dibandingkan dengan tahun 2018. Dari total pengiriman produk UMKM dan IKM melalui JNE, 80 persen kiriman merupakan retail customer.

“Dari total kiriman JNE, 80% adalah pengiriman dari retail customer. Dari total jumlah kiriman retail customer tersebut, sekitar 50% – 60% adalah dari e-commerce yang didalamnya adalah para pelaku UKM dan IKM. Hingga saat ini komposisi terus di persentase tersebut tiap tahunnya,” papar Doedi.

Baca Juga: 7000 Gerai JNE Siapkan Layanan Digital Payment

Mengusung tagline “Connecting Happiness” JNE memiliki peran yang sangat penting dalam e-commerce, sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik yang menjadi pendistribusi paket antara pengirim atau penjual kepada penerima dalam proses jual-beli online. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan distribusi barang, JNE melakukan berbagai 
pengembangan inovasi layanan, mulai dari 
pengiriman sampai dengan proses packaging hingga proses penerimaan paket oleh penerima.

Selain mengembangkan inovasi layanan, JNE juga menyediakan tempat atau gudang bagi pelanggan untuk menitipkan barangnya di gudang JNE sambil menunggu proses pengiriman. Para pelaku UMKM dan IKM juga diberikan fasilitas JNE Loyalty Card (JLC), untuk mendapatkan prioritas pengiriman dalam jumlah banyak, dengan jumlah peserta JLC saat ini mencapai 160 ribu anggota seluruh Indonesia. (Boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya