oleh

Transmisi Lokal Corona Meningkat? Masker Medis BFE Dapat Mencegah

Jakarta, Lintasnusa news.com – Transmisi lokal Corona atau Covid19 meningkat di sejumlah daerah, tentunya membuat masyarakat lebih waspada dan mencari pelindung yang aman. Salah satunya masker medis BFE yang diyakini bisa melindungi diri dari virus mematikan ini.

Penggunaan masker merupakan salah satu anjuran organisasi kesehatan dunia (WHO), untuk meminimalisir penyebaran. Namun pada awal masa pendemi di Indonesia, sempat terjadi kelangkaan masker medis di pasaran sehingga muncul berbagai jenis masker kain.

Belakangan beredar produk masker baru yang memiliki tingkat filtrasi yang tinggi yakni (bacterial filtration efficiency/BFE). Saat ini muncul masker medis dengan BFE tinggi yang bisa digunakan masyarakat. Penasaran dengan masker medis BFE tinggi tersebut? Simak penjelasannya.

Dilansir dari laman harvardbusinessreview, para peneliti menyebutkan bahwa virus COVID-19 sebagian besar ditularkan melalui droplet orang yang terinfeksi COVID-19. Orang tersebut dapat dengan mudah menyebarkan droplet tersebut pada saat mereka sedang bernafas, berbicara, batuk, maupun bersin.

Oleh karena itu, diperlukan masker dengan tingkat filtrasi (bacterial filtration efficiency/BFE) yang tinggi sehingga transmisi virus dapat dicegah. Semakin tinggi tingkat BFE-nya maka semakin baik filtrasi terhadap virus yang dimiliki masker tersebut.

Dilansir detikcom dari beberapa penelitian, masker bedah (masker medis) dengan tingkat BFE tinggi dapat juga menghalangi sebagian besar transmisi dari COVID-19. Sedangkan untuk masker biasa seperti masker kain dan masker daily, hanya bisa melindungi dari partikel seperti debu saja karena tidak memiliki filter untuk virus.

Terkait dengan tren penggunaan masker saat ini, ada baiknya menggunakan masker medis yang lebih aman ketimbang masker biasa. Apalagi ketersediaan masker medis pun sudah semakin banyak sehingga masyakarat tidak kesulitan mendapatkan masker dengan proteksi lebih baik, terlebih saat tingkat penyebaran virus masih tinggi.

Namun, masyarakat juga harus tahu bahwa tidak semua masker medis yang dijual saat ini memiliki tingkat BFE tinggi, karena tidak adanya bahan filter di dalam masker tersebut.

Masker Pokana BFE Dapat Mencegah Transmisi Lokal Corona yang Meningkat

Salah satu merek masker dengan tingkat BFE tinggi yang sudah teruji medis adalah Pokana Mask. Masker ini memiliki bahan filter spesial bernama meltblown yaitu serat khusus yang dapat menahan mikropartikel seperti virus COVID-19.

Sebagai filter, meltblown mempunyai fungsi electret yaitu magnet yang membuat partikel virus menempel di bagian luar masker sehingga meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Filter meltblown ini pun sudah terbukti secara medis memiliki tingkat filtrasi BFE 97%. Artinya, memfiltrasi droplet secara maksimal.

Masker Pokana sudah lulus uji ISO (International Standard Operation) Medis 13485, ISO 10993 dan bersertifikat CE yang merupakan standar alat kesehatan di wilayah Eropa. Ketika dicoba menggunakan air, Pokana Masker dengan filter meltblown juga terbukti tidak tembus air atau tahan air.

Pokana Mask merupakan masker medis BFE tinggi dengan tiga lapisan terbaik untuk memberikan proteksi maksimal bagi masyarakat di new normal. Yuk gunakan masker medis dengan BFE tinggi untuk menjaga diri kita dan orang lain dari virus berbahaya. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya