oleh

Kemenkeu Sebut Pemulihan Ekonomi Nasional Meningkat 2021

Jakarta, Lintasnusanews.com – Pemulihan ekonomi nasional membutuhkan peran perbankan dalam membantu cashflow nasabah terutama nasabah korporasi yang terganggu. Hal ini dilakukan selama adanya pembatasan sosial dan ekonomi untuk mencegah penyebaran virus Covid19.

Staf Khusus Kementerian Keuangan, Masyita Crystallin mengingatkan, bank harus berhati-hati menyalurkan kredit sehingga risiko kredit macet dapat diperkecil. Namun ia memprediksi, ekspansi kredit akan naik signifikan pada tahun 2021 mendatang.

“Bank sekarang istilahnya sedang slow down sedikit. Dari segi credit growth tidak apa-apa, tetapi saya yakin di masa pemulihan credit growth akan mulai meningkat. Dan bank tetap menjadi bagian terpenting dalam proses pemulihan ekonomi nasional,” papar Masyita dalam acara DBS Asian Insights Conference dengan tema Navigating a brave new world di Jakarta (16/07/2020).

Chief Operating Officer DBS Bank, Aryo Bimo Notowidigdo mengaku, selama pandemi Covid19 penggunaan kartu debit dan kartu kredit meningkat. Namun di sisi lain, banyak nasabah korporasi yang kesulitan cashflow. Sehingga bank harus membantu melalui berbagai kebijakan pemerintah, yang telah diluncurkan dalam proses pemulihan ekonomi nasional.

“Pandemi berdampak pada meningkatnya belanja melalui E-commerce. Itu akan berdampak pada meningkatnya penggunaan kartu kredit dan kartu debit. Tapi ada beberapa nasabah yang kesulitan cashflow-nya. Jadi kita lihat ada potensi menurunnya kualitas kreditnya,” jelas Aryo.

Perbankan telah mendapat dukungan berbagai kebijakan, baik dari Bank Indonesia dalam hal likuiditas, Otoritas Jasa Keuangan tentang regulasi restrukturisasi kredit, dan Kementerian Keuangan melalui penempatan dana pemerintah di bank umum untuk modal kerja dan penjaminan kredit. Kebijakan ini diharapkan meningkatkan optimisme proses pemulihan ekonomi indonesia bisa lebih cepat. (osn/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya