oleh

Kadin Indonesia Harap Tim Pemulihan Ekonomi Koordinasi Bersama

Jakarta, Lintasnusanews.com – Kamar Dagang dan Industri Kadin Indonesia menyambut positif langkah pemerintah membentuk tim pemulihan ekonomi dan penanganan Covid19 dalam satu komite. Komite ini dinilai dapat mempercepat implementasi kebijakan pemulihan ekonomi dengan tetap mengedepankan penanganan di bidang kesehatan.

Wakil Ketua Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani menilai, tim yang dipimpin Erick Thohir ini memiliki struktur yang jelas dan sederhana sehingga dapat meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan kebijakan.

“Selama ini kan kita selalu bilang berdampingan. Tapi kalau ini sudah benar-benar clear bahwa tim pemulihan ekonomi ini sudah plus tim Covid19. Jadi, ini akan berkoordinasi bersama,” ungkap Shinta, Kamis (23/07/2020).

Baca juga: Komite Penanganan Covid19 dan Pemulihan Ekonomi Mulai Susun Program

Shinta menjelaskan para pelaku usaha memiliki kendala yang berbeda-beda di masing-masing sektor. Untuk itu ia berharap tim ini dapat memberikan bantuan yang spesifik ke masing-masing sektor, sehingga bisa langsung memperbaiki kinerja sektor tersebut.

“Masing-masing sektor punya wish list sendiri. Wish list itu insentif yang diharapkan yang bisa langsung membantu sektornya. Misalnya, sektor pariwisata ingin agar pemerintah bisa bantu subsidi kamar hotel, okupansi hotel,” tambah Shinta.

Sementara itu, ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah meragukan efektivitas koordinasi komite tersebut. Pasalnya, ketua satgas pemulihan ekonomi dijabat oleh wakil menteri BUMN. Artinya, eksekusi akan di tangan wakil menteri, sementara menurut Piter, setiap kementerian memiliki ego masing – masing, sehingga wakil menteri BUMN akan sulit mengoordinasikan seluruh menteri.

“Saya kira seharusnya pemerintah menindaklanjuti dengan melakukan reshuffle dan membentuk kabinet yang bisa mengeksekusi berbagai kebijakan yang sudah dibuat. Bukan malah membuat, saya menyebutnya, cabinet bayangan seperti komite ini,” kata Piter.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo membentuk Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid19 dalam satu komite. Komite ini diketuai Menteri BUMN Erick Thohir, dibantu Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin sebagai Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional, dan Doni Modardo sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid19. (osn/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya