oleh

Berkolaborasi dengan Tanjung Priok, Patimban Ditargetkan Jadi Pelabuhan Internasional

Jakarta, Lintasnusanews.com – Pelabuhan Patimban Subang Jawa Barat, ditargetkan menjadi pelabuhan internasional setelah diresmikan Presiden Jokowi 20 Desember lalu. Patimban yang rencananya grand launching pada semester pertama 2021 akan berkolaborasi dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Pelabuhan patimban akan menjadi pelabuhan internasional dan tentunya ingin mengembangkan dan dapat memberikan solusi bagi inter jakarta. Atau kawasan yang ada di seluruh jawa ini,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Forum Merdeka Barat (FMB) IX kaleidoskop 2020, Selasa (29/12/2020).

Dalam Forum FMB yang disiarkan langsung kanal youtube KemKominfoTv itu Budi Karya mengatakan, kerjasama kedua pelabuhan ini akan meningkatkan perekonomian.

“Pembangunan Pelabuhan Patimban itu kita kolaborasikan dengan tanjung Priok. Yang akan menjadi titik awal untuk angkutan- angkutan yang berasal dari karawang dan jawa tengah,” katanya

Budi Karya menambahkan, Patimban dan Priuk dapat terkonektifitas dengan baik. Sehingga semua barang yang menggunakan kapal-kapal besar dapat dipusatkan di Pelabuhan patimban dan priuk.

“Jadi mau ke China, Eropa, Amerika akan di pusatkan di titik ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, pembangunan proyek strategis nasional Pelabuhan Internasional Patimban dilaksanakan atas pendanaan dari Pemerintah Jepang. Proyek yang menelan anggaran sebesar 118,906 miliar yen atau sekitar Rp 14,2 triliun sebagai pinjaman dana pembuatan pelabuhan Patimban.

Pemerintah berharap, pelabuhan Patimban ini akan menjadi kunci penghubung antar kawasan. Selanjutnya industri manufaktur, pariwisata, dan sentra-sentra pertanian, serta percepatan ekspor akan bergeliat. (jat/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya