oleh

Kapal Roro Rucitra 1 Siap Beroperasi Maumere Flores – Makassar Sulsel

Maumere, Lintasnusanews.com – Kapal roro Rucitra 1 milik PT Dharma lautan Utama akan beroperasi dengan rute Maumere NTT – Makassar Sulawesi Selatan dalam waktu dekat, setelah dilakukan uji coba sandar di Pelabuhan Lorens Say Maumere.

Hal ini disampaikan General Manager (GM) PT. Pelindo III Pelabuhan Lorens Say, Erry Ardiyanto pada Rabu (25/08/2021) di Maumere. Menurutnya, secara aturan kapal baru harus melalui uji coba selama 3 bulan. Namun karena telah memenuhi persyaratan sehingga diijinkan beroperasi.

Erry menjelaskan, hasil uji coba sandar dinilai Pelindo III Maumere, Pelabuhan Lorens Say layak menerima kapal roro Rucitra 1. Pihaknya juga meyakinkan kapten kapal bahwa pelabuhan yang sering melayani masyarakat Pulau Flores itu dinilai layak.

“Semalam sudah dilakukan uji coba sandar di Pelabuhan Lorens Say di dermaga IV milik PT Pelindo III yang berada di pelabuhan Lorens Say. Uji coba itu untuk memudahkan proses ijin operasional dari kementerian perhubungan,” jelas Erry.

Erry menambahkan, saat ini Pelindo III masih menunggu ijin operasional kapal roro Rucitra 1 dari Kementerian Perhubungan. Oleh karena itu Erry berharap, dengan beroperasinya kapal roro ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat kabupaten Sikka dan sekitarnya.

Apalagi selama ini kebutuhan logistik masyarakat Pulau Flores, sebagian besar masuknya lewat Pelabuhan Lorens Say Maumere.

“untuk menghadirkan kapal roro, PT Pelindo III Maumere, didukung penuh oleh kantor Kasabandara dan otoritas pelabuhan Lorens Say Maumere,” pungkas Erry.

Penulis: Ambros Boli Berani

Editor: Ambros Boli Berani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya